Rektor Umuslim Lantik Pejabat Struktural

HARIANRAKYATACEH.COM – Sebanyak 48 pejabat struktural terdiri dari wakil dekan, ketua program studi, sekretaris prodi, kepala laboratorium, kasubbag akademik serta ketua program studi magister Pengelolaan Sumber Daya Alam (PSL) jajaran Fakultas lingkup Universitas Almuslim (Umuslim), dilantik dan diambil sumpah dipelataran parkir halaman kampus Induk setempat, Senin (31/5).

Suasana pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan diluar kebiasaan selama ini, lazimnya pelantikan dilaksanakan diruang tertutup dilengkapi Air Conditioner (AC) dan kursi yang empuk. Kali ini, pejabat yang dilantik harus berdiri diterik matahari hampir dua jam, dipelataran parkir halaman depan biro rektor.

Pelantikan dengan penerapan protkes Covid-19 yang sangat ketat, dimulai pembacaan SK dan penandatanganan berkas acara serah terima jabatan, kemudian penyerahan Surat Keputusan (SK) pejabat baru.

Dalam amanat pelantikan Rektor Universitas Almuslim, Dr Marwan, MPd menyampaikan, pelantikan dihalaman terbuka, baru pertama dilaksanakan. Hal ini sebagai bentuk upaya menjaga situasi kondisi masa pandemi Covid-19.

“Kita ingin mencari suasana baru, biasanya pelantikan digelar dalam gedung ber AC, tapi hari ini bapak dan ibu harus berdiri hampir lebih kurang 2 jam,” ungkap Marwan.

Tujuan bapak dan ibu dilantik dipelataran parkir hari ini, sebutnya, supaya lebih kuat berdiri dan berlari, juga lebih tahan terik panas matahari dan hujan. Bahasa istilahnya, “Jika dulu kerja santai-santai saja. Hari ini, pejabat yang dilantik tidak boleh bekerja loyo”.

Dr Marwan mengucapkan ribuan terimakasih kepada pejabat lama. Selama ini telah membantu memajukan dan telah mampu membawa kampus Umuslim, dengan beberapa program studi mendapatkan akreditasi nilai A dan B, kecuali ada empat program studi baru yang akreditasinya masih C.

“Dedikasi yang telah bapak dan ibu berikan selama ini, semoga menjadi amal ibadah serta jadi modal bagi pejabat baru untuk melanjutkan kinerja pejabat lama yang telah bekerja dengan sekuat tenaga, serta dengan seikhlas hati untuk meningkatkan akreditasi.
Peningkatan akreditasi menjadi tugas bagi pejabat baru. Kami akan mendukung dalam upaya fakultas menuju perubahan ekspektasi akreditasi program studi di kampus Umuslim,” kata Marwan.

Usai pelantikan, Dr. Marwan juga mengingatkan para pejabat untuk menyelenggarakan tri dharma perguruan tinggi yang unggul, entrepreneurial dan berkarakter, kegiatan akademik dan non akademik secara kolaboratif, partisipatif, transparan dan akuntabel.

“Para pejabat kampus seluruhnya adalah pelayan dan bukan bos. Semua kita disini adalah pelayan untuk memajukan bidang pendidikan dan kampus, tingkatkan pelayanan kepada mahasiswa dan berbagai pihak terkait yang berurusan dengan kampus dan pendidikan,” tegasnya.

Pelantikan dihadiri undangan terbatas, hanya pimpinan tingkat Universitas dan dekan saja yang diundang, tidak ada undangan untuk dosen, staf dan karyawan seperti kebiasaan sebelumnya. (akh)