Sambut Hari Darah Sedunia, Karang Taruna Muda Berkarya Gelar Donor Darah

HARIANRAKYATACEH.COM – Dalam rangka menyambut Hari Darah Sedunia, Karang Taruna (KT) Muda Berkarya, Desa Tingkeum Manyang, Kecamatan Kuta Blang, Kabupaten Bireuen, bekerjasama dengan Posramil Kuta Blang dan Unit Tranfusi Darah (UTD) RSUD dr Fauziah Bireuen menggelar aksi donor darah di halaman TPQ Al-Fatih desa setempat, Rabu (2/6).

Kegiatan bertemakan “Mari Berbagi, Setetes Darah Sejuta Rasa” ini, berhasil mengumpulkan 92 kantong darah dan kemudian akan dipergunakan untuk keperluan rumah sakit dr Fauziah Bireuen.

Keuchik Desa Tingkeum Manyang Ir. Mawardi, M.S.M, juga ikut ambil bagian sebagai pendonor untuk memotivasi masyarakat supaya bersedia mendonorkan darahnya.

Disela-sela kegiatan, Ketua Karang Taruna Muda Berkaya, Iswadi, S.Sos mengatakan, kegiatan donor darah sudah menjadi rutinitas setiap tiga bulan sekali. Hal ini dilakukan demi membantu kebutuhan darah di Bireuen.

“Mudah-mudahan, donor darah ini juga dapat mengatasi kebutuhan darah. Ditengan situasi pandemi Covid-19, kebutuhan darah semakin meningkat,” harap Iswadi yang sering disapa LB ini.

Disebutkan, mengawali kegiatan, calon pendonor terlebih dahulu diperiksa kelayakannya, diantaranya kesehatan fisik, kesehatan darah, dan golongan darahnya. Sehingga, diharapkan darah yang diperoleh dari calon pendonor nantinya benar-benar darah yang sehat dan aman bagi penerima.

“Ucapan terimakasih kepada seluruh pemuda Desa Tingkeum Manyang yang telah berpartisipasi dan mendukung kegiatan ini. Berkat kerjasama yang baik, kegiatan terlaksana dengan sukses,” sebutnya.

Menurutnya, donor darah merupakan bagian dari sedekah yang sungguh bermakna serta bermanfaat secara langsung bagi masyarakat lain, dikarenakan setetes darah yang disumbangkan dapat menyelamatkan nyawa warga yang sangat membutuhkan.

“Aksi ini diikuti oleh pemuda, aparatur desa, PNS, pedagang pasar Kuta Blang, anggota Posramil, personel Polsek, dan masyarakat setempat,” katanya.

Sementara Kepala UTD RSUD Bireuen, Wardati SKM mengaku, persediaan darah di UTD semakin menipis.

“Alhamdulillah, berkat aksi donor darah yang digelar Karang Taruna Muda Berkarya, sangat membantu kekurangan stok darah di rumah sakit,” pingkusnya.

Wardati mengharapkan berbagai lembaga lain di Bireuen untuk melaksanakan donor darah. Karena, setiap hari kebutuhan darah di RSUD dr Fauziah maupun rumah sakit swasta lainnya, mencapai puluhan kantong. (akh)