Danramil Pekan Bada Beri Motivasi Perajin Rotan

Yudi, perajin rotan di Kecamatan Peukan Bada Aceh Besar ditinjau Danramil 10/Peukan Bada, Pelda Tohir. IMRAN JONI/RAKYAT ACEH

HARIANRAKYATACEH.COM – Yudi (49), perajin rotan asal Bandung kini terus berkiprah di Aceh, khususnya di daerah Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar.

Dalam karyanya itu, ia hampir setiap hari mendapat bimbingan dari Danramil 10 Kecamatan Peukan Bada didampingi Babinsa bagaimana menjaga hasil kerajinan lebih baik.

Yudi memulai buka usaha kerajinan rotan sejak tahun 2005 dan sudah mempunyai 20 orang pekerja dari berbagai daerah, terutama putra daerah setempat.

Hasil kerajinannya telah dipasarkan di seputaran Aceh Besar, untuk bahan bakunya dipasok dari Kecamatan Lhoknga dan Lhong, dimana hampir setiap minggu di suplay.

Jenis yang dibuat, kursi rotan, meja dan kaca hias tudung saji dan tampi beras. Dengan harga jual bervariasi. “Kita terus memberikan support kepada Yudi agar usahanya ini terus berlanjut apalagi masa pandemi covid ini harus menjaga diri dan karyawannya agar tetap menjaga prokes,” ujar Danramil 10/Pekan Bada, Pelda Tohir.

Sebagaimana kondisi saat ini yang masih covid, Danramil menghingbau masyarakat maupun pelaku usaha agar tetap menjaga 3M semoga ke depan lebih baik lagi. (imj/rif)