TNI/Polri Kawal Vaksinasi Massal, Pakai Vaksin Kadaluarsa September

HARIANRAKYATACEH.COM – Vaksin Sinovac Biofarma yang digunakan untuk vaksinasi massal di Lhokseumawe, ternyata akan memasuki masa kadaluarsa pada 18 September 2021. Ribuan dosis vaksin produksi Bio Farma itu dipakai untuk vaksinasi massal selama lima hari, Rabu-Senin (3-7/6) mendatang di Lapangan Hiraq Lhokseumawe.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe, dr. Said Alam Zulfikar, dikonfirmasi Rakyat Aceh, disela-sela acara vaksinasi Covid-19 itu mengatakan, dosis vaksin yang digunakan untuk masyarakat dan ASN masih dalam kondisi aman.

“Masa kadaluarsanya masih lama sehingga kita bisa dipakai untuk vaksinasi massal. Saat ini kita punya stok 4.500 dosin vaksin dan berapa yang butuh kita siapkan,”katanya, seraya menambahkan, kalau memang dibutuhkan lebih banyak lagi untuk divaksin maka pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Aceh.

Disebutkan, vaksin yang disiapkan untuk kegiatan vaksinasi massal selama lima hari ini mencapai 2.250 dosis. Sasaran utama yang divaksin adalah masyarakat umum, mulai dari ASN, pelayanan publik, pra lansia berumur 50 tahun ke atas dan lansia.

“Masyarakat tidak perlu takut dengan vaksin Covid-19, tujuan kita lakukan di tempat terbuka dapat menjadi sebagai informasi kepada masyarakat, sehingga mudah di akses dan sekali lagi tidak perlu takut untuk di vaksin,”ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan juga meminta masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan vaksin gratis secara massal. Karena jika sudah divaksin maka masyarakat bisa terhindar dari Covid-19. “Dalam vaksinasi massal ini tidak ada paksaan dan tidak bayar untuk yang vaksin. Cuma masyarakat di edukasi lewat kepala desa atau geuchik, Babinsa dan Bhabinkamtibas yang selama ini bekerjasama dengan kita dalam upaya pencegahan Covid-19,”ucapnya.

Selain itu, lanjut dia, vaksinasi massal ini terlaksana atas kerjasama Pemko Lhokseumawe dengan TNI/Polri. Untuk kelancaran kegiatan vaksinasi di Lapangan Hiraq Lhokseumawe juga ikut kawal oleh personel TNI/Polri. (arm/ra)