Terus Berbenah, BSI Ajak Masyarakat Segera Bermigrasi Rekening di Bulan Juni 

Banda Aceh (RA) – Ombudsman RI Perwakilan Aceh mengelar rapat kordinasi terkait pengaduan masyarakat terhadap pelayanan Bank Syariah Indonesia (BSI) yang dinilai belum optimal.

Dalam rapat kordinasi tersebut turut dihadiri pihak BSI Aceh, kepala OJK perwakilan Aceh, pengamat hukum dan politik serta beberapa pengusaha.

kepala Ombudsman RI Perwakilan Aceh Dr. Taqwaddin Husin menjelaskan, kordinasi tersebut dilaksanakan untuk mencari solusi terkait pelayanan BSI di Aceh. Selama ini, kata Taqwaddin pihaknya banyak menerima keluhan dari masyarakat mengenai pelayanan BSI di Aceh, Seperti yang paling banyak terjadi yaitu terkait masalah penarikan tunai dan  transfer di anjungan tunai mandiri (ATM). Transfer uang yang yang tak kunjung masuk, mesin ATM yang rusak atau kosong dan hal teknis lainnya.

sehingga membuat nasabah banyak mengalami hambatan.

“Tadi sudah kita invetarisir semua masalah. Ada tujuh belas masalah terkait dengan berlakuknya BSI di Aceh. Pertemuan ini ditujukan untuk mendiskusikan bagaimana solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut, “jelasnya, Jum’at ( 4/6).

Mendengar berbagai paparan dan masukan dari masyarakat yang disampaikan Ombudsman. Deputi Operasional BSI Aceh, Mezar Ikhsan berjanji, bahwa BSI di Aceh akan terus berbenah dengan melakukan pengabungan sistem dalam waktu dekat.

“Memang BSI hasil penggabungan dari tiga Bank Yaitu BRI Syariah, BSM dan BNI Syariah. Tentunya Memang ini memerlukan waktu untuk pengabungan sistem dan bukan hal yang mudah, “jelasnya.

Meski memerlukan waktu yang panjang, Mezar mengungkapkan bahwa pihaknya benar-benar sangat siap. Hal tersebut dibuktikan dari jadwal migrasi yang ditargetkan di bulan September maka proses migrasi di percepat pada bulan Juni sekarang ini.

“Kita menyegerakan berimgrasi seluruh rekening tiga nasabah tadi agar menjadi BSI. Hal tersebut setelah kita mendengar berbagai masukan bahwa masyarakat Aceh perlu segera mendapatkan pelayanan dengan baik, maka proses migrasi itu kita percepat di bulan Juni, “jelasnya.

Dengan penyatuan sistem tersebut, Mezar berharap gangguan yang dialami masyarakat minimal dapat berkurangi seperti saat transfer sering bermasalah dan lainnya. Maka mudah-mudahan dengan penyatuan sistem tadi akan lebih baik.

Ia juga mengajak masyarakat untuk segera bermigrasi rekening dari ex bank lama menuju BSI, pada tanggal 7 Juni 2021, dengan mendatangi kantor BSI terdekat. Serta bisa dilakukan secara online maupun ofline.

“Jika bapak ibu memang tidak mau berdesakan bisa melalui online cukup mendowload BSI mobile nanti disitu ada panduan atau pilihan berimigrasi rekening tersebut . Tapi bapak ibu yang ingin segera mendapat buku atau ATM bisa segera mendatangi kantor Bank terdekat, “ujarnya.