Warga Pulau Galang Kota Batam Diserang Lalat

HARIANRAKYATACEH.COM – Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Batam menerjunkan 16 orang pakar entomolog atau ilmuwan biologi yang berspesialisasi dalam studi serangga untuk memerangi wabah lalat di Kecamatan Galang, Jumat (4/6/2021).

Kepala Bapelkes Batam, Asep Zaenal Mustofa, mengatakan, belasan orang pakar tersebut didatangkan dari berbagai provinsi di Indonesia. Ada yang dari Pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan bahkan dari Indonesia bagian Timur.

Para pakar tersebut bertugas mencegah dan upaya pengendalian binatang penular seperti serangga, nyamuk, tikus, kecoak yang dapat menyabkan penularan wabah.

”Sebanyak 16 entomolog ini merupakan pakar yang sudah tersertifikasi mencegah pengendalian binatang penular. Kita berharap nantinya permasalahan lalat di Galang dapat segera teratasi,” ujar Asep seperti yang diberitakan Harian Batam Pos, edisi Sabtu (5/6/2021).

Mereka baru tiba di aula kantor Kecamatan Galang, dan membawa alat penyemprot infektisida dan alat penangkap nyamuk terbang dan sejumlah zat infektisida.Siang kemarin, mereka langsung turun ke lapangan untuk memerangi lalat.

Ada beberapa tempat yang menjadi sasaran. Beberapa minggu terakhir, Kecamatan Galang diresahkan dengan penyebaran jutaan lalat. Bahkan, keberadaan lalat ini sudah sangat mengganggu warga. Mereka khawatir akan terjangkit penyakit.

“Banyak kali pak, sampai mau makan pun kami sama lalat. Sudah sangat meresahkan warga di sini,” ungkap Ani, warga Galang.(jpg)