Akhir Bulan Ini Kadisdikbud Subulussalam Launching Program GEMMA

Kepala Disdikbud Subulussalam saat bertindak sebagai pembina upacara di SDN 1 Simpang Kiri

HARIANRAKYATACEH.COM – Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Subulussalam, H. Sairun, S. Ag terus melakukan dan menyiapkan langkah untuk peningkatan mutu pendidikan di daerah itu.

Setelah meluncurkan program Pilot Project di awal jabatannya, kini Sairun kembali memprogramkan Gerakan Membaca dan Memahami Al Qur’an atau yang disingkat GEMMA.

Hal itu disampaikan Sairun saat menghadiri upacara Bendera di SDN 1 Simpang Kiri yang juga sekaligus bertindak sebagai pembina upacara, Senin (7/6/2021) ” Insya Allah, akhir bulan ini program GEMMA akan di Launching yang akan langsung di buka Pak Walikota Subulussalam ” ungkap Sairun.

Ditambahkan, acara Launching nantinya akan turut dihadiri Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Aceh, DR. Muslihuddin, M. Pd. Ia juga menghimbau agar siswa mempersiapkan diri dalam melaksanakan ujian, untuk mengukur kemampuan aspek kognitif hasil belajar semester ini.

Dikatakan, program GEMMA ini disiapkan untuk menunjang kesuksesan sebagai salah satu syarat tamat SD yaitu wajib bisa membaca Alqur’an. ” Saya menekankan bahwa Al qur’an bukan hanya dituntut bisa dibaca tapi di jalankan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, dengan memahami Al Qur’an bisa memahami dan dihayati sehingga tujuan Alqur’an sebagai petunjuk dalam kehidupan dapat diaplikasikan dalam sikap sehari-hari ” kata Sairun.

Menurut Sairun, program GEMMA nantinya hanya diberlakukan bagi siswa muslim di tingkat SD dan SMP.

Dalam kesempatan itu, Sairun usai memimpin upacara juga langsung menyaksikan siswa SDN 1 Simpang Kiri berkomunikasi bahasa Inggris dan bahasa Arab ” Alhamdulillah, kemajuan dunia pendidikan di Kota Subulussalam kini sudah mulai terlihat dan tentu ini menjadi suatu kebanggaan bagi kita semua ” ujarnya.

Sairun juga menyampaikan himbauan kepada seluruh orang tua, masyarakat dan Stakeholder lainnya untuk sama-sama membangun dunia pendidikan dengan cara berpartisipasi aktif mengawal untuk perubahan yang lebih baik (lim)