Imigrasi Banda Aceh Sosialisasi APOA

BANDA ACEH (RA) – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banda Aceh melakukan sosialisasi Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) versi terbaru (V.2.0) ke beberapa hotel yang terdapat di wilayah Kota Banda Aceh. Kegiatan ini telah dilaksanakan dari Selasa-Rabu, tanggal 8-9 Juni 2021.

Kegiatan sosialisasi ini sesuai Surat Edaran Direktur Jenderal Imigrasi yang Nomor: IMI-0739.GR.01.01 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pengawasan Administrasi dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru tanggal 08 April 2021. 

Hal ini dilakukan dalam rangka peningkatan pelaksanaan tugas dan fungsi pengawasan Keimigrasian di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banda Aceh, Telmaizul Syatri melalui Kepala Sub Seksi Intelijen Keimigrasian Merdhi Berliano menerangkan, APOA V.2 merupakan pembaharuan sistem yang pada versi sebelumnya, hanya dapat diakses melalui website apoa.imigrasi.go.id. Sekarang dapat diunduh melalui Google Playstore bagi pengguna android.

“APOA merupakan aplikasi yang dibangun oleh Direktorat Jenderal Imigrasi, untuk memudahkan para pemilik penginapan dan hotel dalam melaporkan keberadaan orang berkewarganegaraan asing,” jelas Merdhi Berliano. 

Lebih jauh, ia menuturkan, keberadaan aplikasi tersebut lebih praktis dan memudahkan, tanpa harus mendatangi Kantor Imigrasi, bisa melaporkan keberadaan orang asing. 

Untuk diketahui, aplikasi APOA merupakan bentuk dari pelaksanaan Pasal 72 ayat 2 Undang-Undang Nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian, dimana pemilik atau pengurus tempat penginapan wajib memberikan data mengenai orang asing yang menginap di tempat penginapannya jika diminta pejabat Imigrasi.

Merdhi Berliano mengatakan, selama ini pihaknya telah melakukan pendataan rutin terhadap keberadaan orang asing, sesuai dengan ketentuan yang ada. Kehadiran APOA diharapkan lebih memudahkan pendataan orang asing yang berkunjung ke suatu daerah, terlebih lazimnya WNA ketika ke suatu daerah menginap di hotel. 

“Ke depan, sosialisasi ini terus kita gencarkan,” pungkasnya. (icm)