Sampah Dibuang Sembarangan di Kota Sigli

Sampah masih juga dibuang sembarangan, padahal ada bak sampah cukup bagus diletakan di jembatan Tutue Puteh Kota Sigli. Rakyat Aceh/ Dhian Anna Asmara

HARIANRAKYATACEH.COM – Pemerhati sosial dan pembangun di kawasan Kota Sigli, Kabupaten Pidie mengingatkan warga tidak lagi membuang sampah sembarang tempat atau ke kolong jembatan. Sementara di lokasi tersebut sudah ditempati tong sampah dari plat besi.

“Kita prihatin melihat masih ada warga membuang sampah di badan jembatan (Tutue Puteh) Padahal di lokasi tersebut sudah diletakan tong sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup,” sebut Tgk Ilyas dan Tgk Yusri.

Menurut ke dua tokoh masyarakat yang cukup dikenal itu, membuang sampah secara sembarangan, apalagi mengotori jembatan ataupun langsung ke sungai perbuatan tersebut berdosa hukumnya.

Hal senada, juga disampaikan warga Gampong Lampoih Krueng, karena dinilai membuang sampah di jembatan atau sembarang tempat perbuatan tidak terpuji dan menimbulkan pemandangan jelek.

Jauh sebelumnya di atas jembatan Alue Puteh menuju Perumnas dan Perkampungan Pasi Rawa Gampong dan Kuala Pasie Rawa, Gampong Gajah Ayee tidak ada tong sampah di atas jembatan.

Inisiatif menempatkan tong sampah tersebut di atas jembatan adalah inisiatif dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pidie, agar warga tidak membuang sampah secara sembarangan lagi.

Ironisnya, warga masih juga membuang sampah di badan jembatan setempat. Kondisi ini, juga berlangsung dibeberapa lokasi lainnya dalam Kabupaten Pidie, yang menjadi tempat pembuangan sampah sembarangan. (mag85/rus)