PLN ULP Sabang Sosialisasi Bahaya Pohon Mengenai Jaringan Listrik

PLN ULP Sabang Sosialisasi Bahaya Pohon Mengenai Jaringan Listrik, Rabu (16/06/2021). Foto istimewa

HARIANRAKYATACEH. Com | PLN ULP Sabang melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat di gampong Paya Keunekai, Kota Sabang terhadap bahaya pohon  yang mengenai kabel jaringan listrik tegangan menengah, Rabu (16/06/2021).

Manajer PLN ULP Sabang Ahmad Fauzi mengatakan jaringan listrik di Sabang sangat sensitif, karena sistem isolated menggunakan pembangkit PLTD. Apabila sering terjadi gangguan penyulang dapat menyebabkan kerusakan pada mesin pembangkit.

“Gangguan listrik karena ranting atau batang pohon yang menyentuh jaringan sering kali tidak dapat diprediksi kapan waktunya. Jika ini dibiarkan dapat menyebabkan kerusakan pada mesin dan menggangu distribusi listrik ke rumah pelanggan,” kata Ahmad Fauzi.

Pejabat K3 PLN ULP Sabang Khalil Al Wajir juga menyampaikan agar masyarakat tidak menanam pohon di bawah jaringan PLN. Apabila pohon tersebut tumbuh akan menyentuh jaringan listrik.

“Apabila kita beraktivitas di bawah pohon yang menyentuh jaringan listrik tegangan menengah bisa membahayakan, jika terkena pohon yang terkena dialiri listrik bisa cacat bahkan bisa menyebabkan kematian,” ujar Khalil Al Wajir.

Keuchik Paya Keunekai M Yusuf menyampaikan terima kasih kepada PLN atas sosialisasi bahaya pohon yang mengenai jaringan listrik.

“Ini sangat bermanfaat, masyarakat jadi tahu bahwa pohon yang mengenai jaringan listrik bisa berbahaya,” ucapnya.

Setelah menerima penjelasan oleh pihak PLN atas bahaya pohon yang mengenai jaringan listrik. Masyarakat di gampong tersebut memberikan ijin kepada pihak PLN menebang pohong produktif mereka demi kenyamanan bersama. (rao)