UNIKI -SMKN Taman Fajar Jalin Kerjasama

Dekan dan dosen UNIKI foto bersama dengan Pimpinan dan Guru SMKN Taman Fajar, setelah jalin kerjasama, Selasa (15/6). FOR RAKYAT ACEH

BIREUEN (RA) – Dekan Fakultas Komputer dan Multimedia (FKOM), bersama Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Bireuen, melakukan penandatanganan kerjasama bidang Pendidikan, Pelatihan dan Pengabdian kepada masyarakat dengan Kepala Sekolah SMK Negeri Taman Fajar Aceh Timur.

Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Pertemuan Sekolah setempat, Desa Dama Tutong, Kecamatan Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Selasa (15/6). Dekan FKOM, Amri mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu implementasi program kampus merdeka-merdeka belajar yang sedang giat dirancang oleh kedua Fakultas di UNIKI ini.

“Bagi mahasiswa Teknik Informatika dan Manajemen Sistem Informasi yang akan mengambil beberapa mata kuliah teknik jaringan dan rekayasa perangkat lunak, dapat memanfaatkan kelengkapan sarana prasaran pembelajaran dan praktik di sekolah tersebut,” ujar Amri.

Sementara Dekan FEB, M Yusuf menyebutkan, selama ini cukup banyak lulusan dari SMKN Taman Fajar yang melanjutkan pendidikan di program studi Manajemen maupun Informatika UNIKI.

“Tahun 2021 ini, kami ketahui sudah tercatat sejumlah 30 lebih lulusan sekolah ini yang masuk ke UNIKI, baik jalur KIP-Kuliah merdeka, maupun jalur prestasi dan Mandiri,” sebut Yusuf.

Oleh karena itu, katanya, perlu ditindaklanjuti dengan mempererat hubungan kedua lembaga dalam ikatan kerjasama ril, dan bagi dosen di FEB maupun FKOM nantinya, dapat melaksanakan pengabdian disekolah tersebut, baik dalam bentuk pelatihan ataupun mengisi seminar.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN Taman Fajar, Nurdin SPd MA menyatakan, naskah yang diteken bertujuan untuk memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki kedua pihak guna turut berkontribusi dalam pendidikan dan pengajaran untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, menjalankan program peningkatan pengabdian kepada masyarakat, sesuai dengan tugas, fungsi, dan kapasitas masing-masing.

“Melalui kesepakatan ini, kami berharap bisa berkolaborasi dibidang Pendidikan dan Pengabdian kepada masyarakat serta pelatihan guru. Tujuannya, agar pendidikan tingkat SMK dengan pendidikan tingggi, bisa sinkronisasi untuk menghasilkan SDM yang unggul,” pungkasnya. (akh/icm)