Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 20 Jun 2021 14:37 WIB ·

Menu Pasien Covid-19 Agar Cepat Pulih, Makan Buah Hingga Kedelai


 ILUSTRASI. Buah-buahan segar seperti jeruk, mangga, nanas, atau bahkan jambu biji, alpukat, kiwi, dan jeruk bali, yang juga kaya protein merupakan sumber vitamin C yang ideal. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com) Perbesar

ILUSTRASI. Buah-buahan segar seperti jeruk, mangga, nanas, atau bahkan jambu biji, alpukat, kiwi, dan jeruk bali, yang juga kaya protein merupakan sumber vitamin C yang ideal. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

Harianrakyataceh.com – Saat dinyatakan Covid-19 tubuh melakukan pertempuran melawan infeksi. Tidak hanya kekebalan yang terganggu tetapi kesehatan secara keseluruhan bisa terdampak. Pada seseorang yang terinfeksi Covid-19, umumnya mengalami tingkat keparahan yang berbeda. Agar segera pulih, pasien harus cukup nutrisi.

Tidak hanya seseorang harus memperhatikan apa yang mereka konsumsi tetapi merencanakan diet sehat memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh adalah mutlak. Diet seimbang bersama dengan olahraga dasar untuk membantu pernapasan dalam dan relaksasi tubuh dan pikiran. Dilansir dari India.com, Minggu (20/6), Ahli Gizi Olahraga dan pendiri NutrifyMyDiet dari India Shona Prabhu,
membagikan faktor-faktor utama yang perlu diingat daftar nutrisi untuk pasien Covid-19 agar segera pulih.

Protein

Dikenal sebagai bahan pembangun tubuh, protein membantu membangun otot dan jaringan, memperbaiki sel dan meningkatkan kekebalan. Protein sangat penting untuk mengatasi keausan sel-sel tubuh saat terinfeksi Covid-19. Dan sangat penting untuk memasukkan sumber protein yang memadai dalam makanan sehari-hari seseorang selama fase pemulihan dan pasca pemulihan.

Selain itu, protein mengisi kembali energi, menjadikannya nutrisi yang sempurna untuk mengatasi kelemahan, sekaligus meningkatkan kesehatan usus dan pencernaan secara keseluruhan. Oleh karena itu, memenuhi kebutuhan protein harian seseorang menjadi hal yang penting saat terkena Covid-19.

Asupan protein harian 1 g per kg berat badan sepanjang hari secara teratur dapat memainkan peran yang kuat dalam pemulihan. Menunya seperti sup ayam untuk meredakan sakit tenggorokan. Susu dan produk susu seperti keju untuk menyiapkan salad sehat dan kari, hingga ikan salmon dan kentang.

Kalori

Kalori penting untuk kelancaran fungsi jantung dan paru-paru. Pastikan kalori yang dikonsumsi sehat baik itu biji-bijian seperti gandum, jagung dan nasi, kentang, sereal, roti, dan pasta. Memasukkan kacang-kacangan dan buah-buahan kering seperti almond, walnut, kurma, dan lainnya sebagai camilan dapat bermanfaat.

Vitamin dari Buah

Seiring dengan diet kaya protein, sangat penting untuk asupan vitamin C dalam jumlah yang cukup selama pemulihan. Ini adalah kunci untuk proses pemulihan karena mengandung anti-oksidan dan meningkatkan kekebalan secara keseluruhan. Buah-buahan segar seperti jeruk, mangga, nanas, atau bahkan jambu biji, alpukat, kiwi, dan jeruk bali, yang juga kaya protein merupakan sumber vitamin C yang ideal. Campurkan ke dalam smoothie sehat yang terbuat dari susu biasa, susu kedelai, atau susu almond atau buat salad buah berwarna.

Kedelai

Dengan asupan protein yang cukup untuk menjaga kekebalan tubuh kita selama Covi-19, sama pentingnya untuk mengonsumsi serat dalam jumlah yang cukup. Dan kedelai adalah salah satu bahan yang dapat menjaga protein dan serat secara bersamaan. Baru-baru ini, Otoritas Keamanan dan Standar Makanan India merinci pentingnya menambahkan kedelai ke dalam makanan kita. Makanan yang terbuat dari kedelai jadi sumber protein berkualitas tinggi yang sehat, menjadikannya pilihan sempurna bagi mereka yang mengikuti diet vegetarian. Kedelai juga kaya akan vitamin C, folat, serta asam lemak omega-3 yang membantu membangun dan menjaga kesehatan tubuh.

Banyak Minum

Minum banyak air karena mengandung nol kalori. Penting agar tubuh Anda menerima cukup dan lebih banyak hidrasi. Untuk lebih mempertahankan pola makan yang sehat, batasi asupan gula dan garam Anda dan ganti lemak jenuh seperti mentega dengan lemak yang lebih sehat dan tidak jenuh seperti minyak zaitun, kedelai, atau bunga matahari. Selain itu penting untuk berolahraga secara rutin, baik itu latihan pernapasan dasar atau meditasi bisa dilakukan.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Dirlantas Polda Aceh Berbagi Takjil Berbuka kepada Pengendara

18 March 2024 - 20:00 WIB

Pj Bupati Iswanto Resmikan Tempat Wudhu Wakaf untuk Masjid Agung Al Munawwarah

18 March 2024 - 19:54 WIB

Satpol PP WH Lhokseumawe Amankan Anak di Bawah Umur Mabuk Lem, Lalu Dimasukkan ke Dayah

18 March 2024 - 18:39 WIB

Dirlantas Polda Aceh Bagikan 100 Takjil Berbuka Setiap Hari

18 March 2024 - 18:04 WIB

Warga Lhokseumawe Dihebohkan Penemuan Mayat di Pos Lampu Merah

18 March 2024 - 18:02 WIB

Membersihkan Telinga, Batalkah Puasanya?

18 March 2024 - 14:47 WIB

Trending di KHAZANAH