Budaya Buang Sampah Sembarangan Makin Marak Terjadi, Kadis LHK Bireuen Himbau Warga Jaga Lingkungan

HARIANRAKYATACEH.COM – Budaya buang sampah sembarangan makin marak terjadi di Bireuen. Kesannya, warga tidak mempedulikan dan menjaga kebersihan lingkungan. Padahal, kebiasaan buruk ini hanya dilakukan oleh beberapa oknum tak bertanggungjawab.

Dibeberapa ruas jalan menuju Kota Bireuen, terpampang dengan jelas tumpukan sampah yang terbungkus dengan plastik dan sebagian sudah terburai. Perbuatan semacam ini, sangat meresahkan pengguna jalan dan warga setempat.

Amatan media ini, beberapa hari lalu, aksi buang sampah sembarangan terjadi di ruas jalan elak kawasan Geulanggang Tengoh, Kota Juang. Berselang sehari setelahnya, sudah muncul lagi sampah berserakan di ruas jalan elak sebelah barat.

Mendapat informasi tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Bireuen, Drs Murdani merespon dengan baik keluhan masyarakat yang sudah sangat meresahkan.

Pihak Dinas langsung menghubungi dan meminta bantuan dari petugas kebersihan untuk mengecek langsung kelokasi. Ternyata, kebenaran informasi akurat. Lalu, petugas bergegas membersihkan, mengangkut dan membakar sisa sampah yang berserakan di ruas jalan tersebut.

“Kemarin, kami sudah membersihkan sampah yang dibuang sembarangan tersebut, semoga kejadian seperti ini tidak terulang kembali. Harus saling menjaga demi kenyamanan bersama,” ujar Murdani kepada media ini, Selasa (22/6).

Kadis LHK Bireuen juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan, karena dapat meresahkan dan mencemarkan lingkungan.

“Kami mengimbau kepada warga agar tidak lagi membuang sampah sembarangan, sediakan tong sampah depan rumah dan kami siap angkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Cukup bayar retribusi sampah aja sesuai qanun,” sebut Murdani. (akh)