DPMG-PKB Bersama FISIP Umuslim Gelar Sosialisasi dan Bentuk Forum Anak Bireuen

HARIANRAKYATACEH.COM – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMG-PKB) Kabupaten Bireuen bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (Himami), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), Universitas Almuslim (Umuslim) menggelar sosialisasi serta pemilihan kepengurusan Forum Anak Bireuen (FAB) di Desa Cot Panjoe, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, beberapa hari lalu.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi MoU yang baru-baru ini dilakukan oleh kedua instansi tersebut, dan juga bentuk sinergitas dalam mempertahankan dan meningkatkan Bireuen sebagai Kabupaten Layak Anak.

Kegiatan dari kerjasama ini akan dilaksanakan pembentukan forum anak tingkat gampong. Forum ini ditargetkan akan dibentuk di 170 desa lingkungan Kabupaten Bireuen.

Hal ini disampaikan oleh Dekan Fisip Umuslim, Rahmad S Sos MAP kepada media ini, Selasa (22/6) diruang kerjanya.

Ia mengaku, setelah sosialisasi dan pembentukan FAB, nantinya akan dikunjungi kembali untuk melaunching dan melakukan pengukuhan kepengurusan dari masing-masing desa.

“Kabupaten Layak Anak (KLA) merupakan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan. Konsep KLA dibentuk untuk menyesuaikan sistem pelaksanaan Pemerintahan Indonesia, melalui otonomi daerah,” ujarnya.

Konsep ini, sebut Rahmad, juga diatur dalam Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang menetapkan bahwa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak merupakan salah satu urusan Wajib Non Pelayanan Dasar.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan Bireuen akan menjadi salah satu role model bagi kabupaten lainnya, karena isu anak menjadi hal penting yang menjadi urusan wajib untuk dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah,” sebut Akademisi di Bireuen ini. (akh)