Sejumlah Wartawan Subulussalam Gelar Aksi Kutuk Pembunuhan Mara Salem Harahap

Sejumlah wartawan Subulussalam menggelar aksi unjuk rasa terkait pembunuhan seorang wartawan di Simalungun, Kamis (24/06/2021). FOTO KAYA ALIM

HARIANRAKYATACEH.COM – Belasan wartawan yang tergabung dari Aliansi Jurnalis Subulussalam memanggil menggelar aksi unjuk rasa di Simpang tiga Tugu Bank Aceh, Kamis (24/6/2021).

Aksi unjuk rasa solidaritas itu mendapat pengawalan ketat dari pihak Kepolisian, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan. Peserta mulai menggelar aksi sekitar pukul 10.00 WIB dengan membawa spanduk yang bertuliskan ” Mengutuk keras penembakan rekan kami di Simalungun, Mara Salem Harahap “

Selain itu, mereka juga membawa poster lainnya dengan berbagai macam tulisan kutukan terkait pembunuhan seorang wartawan di Kabupaten Simalungun yaitu Mara Salem Harahap, Pimred salah satu media Online di sana.

” Kami mengutuk keras dan mengecam atas pembunuhan rekan kami di Simalungun. Ini merupakan perbuatan yang kejam dan harus ditindak tegas. Tangkap pelaku pembunuhan terhadap Mara Salem Harahap ” teriak Mansyah selaku korlap aksi.

Beberapa peserta aksi lainnya secara bergiliran menyampaikan kutukan dan kecaman dilanjutkan aksi teater tentang kekerasan terhadap pers. Peserta aksi juga meletakkan kartu pengenal dan kamera mereka sebagai bentuk kecaman mereka terhadap pembunuhan wartawan yang terjadi di Simalungun.

Diakhir aksi, mereka menyampaikan apresiasi kepada Polda Sumatera Utara yang telah mengamankan terduga pelaku pembunuhan Mara Salem Harahap. Selain itu, mereka juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polres Subulussalam, Kodim, Satpol PP dan Dishub atas pengawalan aksi unjuk rasa sehingga berjalan lancar.

Usai menyampaikan orasi secara bergiliran, para wartawan yang turut aksi membubarkan diri (Alim)