PLN UP3 Langsa Salurkan Bantuan TJSL Berupa Pompa Air untuk Pertanian

PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) UP3 Langsa menyalurkan bantuan TJSL (Tanggung Jawab Sosial Lingkungan) kepada Kelompok Tani “Sejahtera II Karunia” di Desa Buket Meutuah Kecamatan Langsa Timur – Kota Langsa, Kamis (24/06/2021). FOTO ISTIMEWA

HARIANRAKYATACEH.COM – PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) UP3 Langsa menyalurkan bantuan TJSL (Tanggung Jawab Sosial Lingkungan) kepada Kelompok Tani “Sejahtera II Karunia” di Desa Buket Meutuah Kecamatan Langsa Timur – Kota Langsa, Kamis (24/06/2021).

Kecamatan Langsa Timur merupakan salah satu Kawasan yang dipertahankan oleh Pemerintah Administratif Kota Langsa sebagai lahan agriculture dan Lumbung Pangan untuk masyarakat kota Langsa.

PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) UP3 Langsa menyalurkan bantuan TJSL (Tanggung Jawab Sosial Lingkungan) kepada Kelompok Tani “Sejahtera II Karunia” di Desa Buket Meutuah Kecamatan Langsa Timur – Kota Langsa, Kamis (24/06/2021). FOTO ISTIMEWA

Prosesi penyerahan dilakukan oleh PLN UP3 Langsa, yang diwakili oleh MB KSA Indra Suheri dan diterima oleh Ketua Kelompok Tani Sejahtera II Karunia Muzakir SP serta Penyuluh Pertanian Gampong Buket Meutuah Marhaban SP. Prosesi penyerahan turut disaksikan oleh Perwakilan dari Dinas Pertanian yaitu Rosmiati Ismail,Sp Kasie Infrastruktur dan Teknologi dan Ir.Rosmala Dewi Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Pertanian.

Dalam sambutan saat penyerahan, MB KSA UP3 Langsa menyampaikan bahwa penyerahan bantuan ini merupakan suatu bentuk Tanggungjawab dan Kepedulian PLN terhadap pengembangan ekonomi masyarakat dalam hal pemenuhan infrastruktur pengairan sawah saat musim kering tiba. Dikarenakan ketiadaan saluran irigasi di wilayah Desa Buket Metuah Langsa Timur, maka bantuan Pengadaan Mesin Pompa Air dirasakan sangatlah memberikan manfaat dan syafaat bagi kaum Petani yang ada di desa Buket Meutuah.

Menyahuti hal tersebut,“Kami sangat berterima kasih atas penyaluran bantuan ini, sebab bantuan ini sangat dirasakan manfaatnya oleh petani saat musim kering tiba. Desa Buket Metuah ini memiliki ruas sumber air yang tidak pernah kering, akan tetapi letak topografi sumber air tersebut rendah, sehingga tidak memungkinkan untuk membangun irigasi. Dengan adanya bantuan mesin pompa air, petani dapat menarik sumber air tersebut ke atas untuk dialiri ke sawah-sawah dan dapat diatur sesuai dengan kebutuhan” ujar Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Pertanian, Ir. Rosmala Dewi.

“Kami berharap bantuan ini dapat bermanfaat dan dipergunakan secara baik oleh bapak dan ibu kaum Tani yang ada di desa ini” ujar Indra menutup acara penyerahan simbolis. (ra)