Dandim 0111/Bireuen Bersama Anggota Panen Sayuran Hidroponik

BIREUEN (RA) – Komandan Kodim 0111/Bireuen, Letkol Inf Zainal Abidin Rambe S Sos bersama para Perwira, Bintara, Tamtama dan anggota persit melakukan panen sayuran di makodim setempat, Jumat (25/6).

Berbagai macam jenis tanaman seperti sawi dan selada tersebut, ditanam secara hidroponik disamping kantor persit.

Penanaman ini dilakukan bukan karena minimnya lahan untuk ditanami sayuran, melainkan agar dapat dijadikan contoh bagi para anggota untuk dikembangkan dipekarangan rumah maupun di masing-masing Koramil yang ada di jajaran Kodim Bireuen.

Dandim Letkol Inf Zainal Abidin Rambe S Sos mengatakan, ternyata menanam sayuran dengan menggunakan hidroponik hasilnya cukup bagus dan memuaskan.

Selain itu, sebutnya, menanam dengan cara seperti ini, sayuran dapat dipanen dalam waktu yang cukup singkat yaitu 1 bulan saja.

”Pembuatan hidroponik seperti ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan karena hanya memerlukan beberapa macam paralon yang dirangkai, kemudian pupuknya dari nutrisi yang diolah dengan air yang disirkulasikan ke alat hidroponik tersebut,” jelasnya.

Dandim menambahkan, selain pembuatannya mudah dan hasilnya yang cukup bagus, tanaman sayuran seperti ini juga mememiliki berbagai manfaat, diantaranya tidak tergantung pada tempat dan musim, bebas dari serangan hama dan penyakit yang berasal dari dalam tanah, menghemat penggunaan pupuk dan tidak memerlukan biaya yang banyak serta dapat dilakukan oleh siapa saja.

“Penanaman sayuran seperti ini, juga merupakan upaya untuk membantu mencukupi kebutuhan sayuran sehari-hari serta dapat memperindah pekarangan rumah,” ujar Zainal Abidin Rambe. (akh)