MPD Subulussalam Berangkatkan 598 Orang Calon Mahasiswa ke Universitas

Keterangan foto : Walikota Subulussalam H Affan Alfian Bintang beserta Wakil nya, Drs. Salmaza dan beberapa stakeholder usai melepas calon mahasiswa. Kaya Alim

Laporan : Kaya Alim, Subulussalam

HARIANRAKYATACEH.COM – Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kota Subulussalam berangkatkan 598 orang calon mahasiswa ke sejumlah Universitas di Provinsi Aceh.

Acara pelepasan ratusan calon mahasiswa itu digelar secara simbolis di halaman Kantor MPD, Jalan Teuku Umar, Lae Oram, Sabtu (26/6/2021).

598 orang calon mahasiswa itu tersebar di 10 Universitas yakni Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Universitas Teuku Umar, Aceh Barat, Universitas Malikussaleh, Aceh Utara, Universitas Samudra, Langsa, Institut Seni Budaya Indonesia, Banda Aceh, Universitas Abulyatama, Aceh Besar, Universitas Serambi Mekkah, Banda Aceh, Universitas Ubudiyah Indonesia, Banda Aceh, Universitas Al Washliyah Banda Aceh, STIES Banda Aceh.

Prosesi pelepasan calon mahasiswa itu turut dihadiri Walikota Subulussalam, H. Affan Alfian Bintang, SE beserta Wakil nya, Drs. Salmaza, MAP.

Ketua MPD Kota Subulussalam, Jaminuddin B, S. PdI dalam laporannya menjelaskan ratusan calon mahasiswa yang akan diberangkatkan itu merupakan hasil MoU Pemerintah Kota Subulussalam melalui MPD dengan sejumlah Universitas untuk Kouta calon mahasiswa yang direkomendasikan melalui MPD.

Kata Jaminuddin, Pemerintah Kota Subulussalam bukan hanya menjalin kerjasama dengan Universitas yang ada di Provinsi Aceh, akan tetapi sampai ke Universitas ternama di luar Provinsi dan salah satunya Universitas Indonesia Jakarta sebagaimana yang telah dilakukan penandatanganan MoU oleh Walikota dengan pihak Universitas Indonesia beberapa hari yang lalu di Jakarta.

” Harapan kita kedepannya, tidak ada lagi kesenjangan pendidikan khususnya yang mau melanjutkan ke perguruan tinggi antara anak orang mampu dengan tidak mampu. Target kami kedepannya, setiap rumah satu sarjana. Jadi, kepada adik-adik kami dari keluarga kurang mampu, jangan menyerah ada jalan kami berikan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Sekarang intinya jika ada niat pasti ada jalan kami berikan ” ungkap Jaminuddin.

Sementara, Walikota Subulussalam, H. Affan Alfian Bintang, SE dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap kinerja MPD. Menurut Walikota, langkah seperti ini sangat dibutuhkan karena membantu meringankan beban orang tua yang ingin melanjutkan pendidikan anaknya ke jenjang perguruan tinggi (lim)