Kemenag dan Pemko Subulussalam Bahas Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan

Kemenag dan Pemko Subulussalam Bahas Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan. For Rakyat Aceh

HARIANRAKYATACEH.COM – Dalam rangka meningkatkan kinerja dan sinerjisitas antara Pemko dan Kementerian Agama Kota Subulussalam, Walikota Subulussalam H. Affan Alfian Bintang, S.E. melakukan pertemuan khusus dengan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh, Dr. H. Iqbal, S.Ag., M.Ag, di ruang kerja Kakanwil, Senin (28/6).

Walikota menyampaikan beberapa hal terkait sinergistas Kemenag Subulussalam dan Pemkot Subulussalam. Walikota menjelaskan bahwa hubungan sinersitas dan kemitraan antara Pemkot dan Kemenag Subulussalam, telah berjalan dengan baik.

“Tentu, ke depan terus kita tingkatkan lagi. Misalnya, soal rencana relokasi MIN 1 Kota Subulussalam yang terus kita matangkan bersama Dinas Pendidikan. Begitu juga, rencana kami menghadirkan Madrasah terpadu yang representatif di Kota Subulussalam. Sehingga kualitas pendidikan di Madrasah bisa setara dan sama dengan kualitas pendidikan di sekolah umum,” Kata Walikota dihadapan Kakanwil Kemenag Aceh.

Selain itu, Bapak Walikota juga menyampaikan, siap mendukung Kementerian Agama, terutama dalam meningkatkan kualitas Pendidikan di kota “Sada Kata” dengan hadirnya Madrasah Unggulan Terpadu di Kota yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Utara tersebut.

“Pemko Subulussalam siap membantu Kementerian Agama, mari kita bersinergi dan saling bekerja sama dalam mewujudkan rencana ini, sehingga cepat terealisasikan,” demikian pungkasnya.

Affan Alfian Bintang, S.E. juga menyampaikan perkembangan proses hibah lahan dan bangunan Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kota Subulussalam yang saat ini sedang dalam proses penerbitan sertifikat oleh BPN.

“Kita berharap semoga Sertipikat PLHUT cepat selesai dan segera dimanfaatkan oleh Kementerian Agama dalam melakukan pelayanan keagamaan di Kota Subulussalam khususnya di bidang Haji dan Umrah,” ujarnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Dr. H. Iqbal, S.Ag., M.Ag, mengapresiasi kehadiran Walikota Subulussalam yang didamping Kadis Pendidikan dan Kakankemenag Kota Subulussalam.

Dalam pertemuan tersebut Kakanwil mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Subulussalam yang telah membantu dan bersinergi dengan Kementerian Agama selama ini, sehingga kerja-kerja Kementerian Agama bisa berjalan dengan baik dan lancar khususnya di bidang pembangunan keagamaan dan peningkatan kualitas Pendidikan.

“Ke depan kita akan terus bersinergi dan bekerja sama dalam menjalankan tugas sebagai wujud pelaksanaan pelayanan publik kepada masyarakat. Pak Walikota, terus terang saya memberikan perhatian khusus kepada Kementerian Agama Kota Subulussalam. CPNS, tahun ini terbanyak dibanding Kabupaten/Kota lainnya. Saya akan memberikan prioritas infrastruktur kepada Kemenag Subulussalam, tentu tanahnya disiapkan oleh Pemko,” ujarnya.

Ia berharap 2023 di Subulussalam hadir madrasah terpadu, hadir PLHUT, dan KUA SBSN.

Pertemuan tersebut didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Subulussalam, H. Sairun, S.Ag. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam, H. Juniazi, S.Ag., M.Pd. dan Kasubbag. Tata Usaha, H. Marwan Z, S.Ag., M.M. berlangsung selama 2 jam di ruang kerja Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Aceh. (rus)