Pendaftaran PMB UIN Ar-Raniry Diperpanjang Hingga 10 Juli 2021

HARIANRAKYATACEH.COM – Pendaftaran calon mahasiswa baru Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh tahun akademik 2021/2022 melalui jalur PMB Lokal (Penerimaan Mahasiswa Baru jalur Lokal) diperpanjang hingga 10 Juli 2021 mendatang.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Dr. H. Gunawan Adnan, MA., Ph.D Senin (28/6/21) mengatakan, bahwa proses pendaftaran calon mahasiswa baru UIN Ar-Raniry melalui jalur PMB Lokal yang sebelumnya dibuka sampai 30 Juni akan diperpanjang pendaftarannya hingga 10 Juli mendatang.

Hal tersebut kata Gunawan, merupakan hasil dari rapat pimpinan bersama tim dengan berbagai pertimbangan yang terjadi di lapangan, antara lain pertingan kondisi masayarakat saat ini dalam masa pandemi covid-19, dimana banyak yang belum sempat melakukan pendaftaran pada perguruan tinggi.

Untuk itu lanjut kata dia, UIN Ar-Raniry memberikan kesempatan terakhir kepada putera-puteri Aceh untuk mendaftrakan diri sebagai calon mahasiswa baru di Kampus Jantong Hatee Rakyat Aceh melalui jalur terakhir, yakni PMB Lokal pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui link https://pendaftaran.ar-raniry.ac.id/informasi/pmblokal.

Ia mengungkapkan, pendaftaran jalur PMB Lokal diperpanjang selama 10 hari kedepan, untuk itu diharapkan kepada masayarakat untuk segera memanfaatkan kesempatan tersebut, ini merupakan peluang emas bagi yang belum lulus pada seleksi jalur sebelumnya.

“Karena ini merupakan kesempatan untuk masuk ke UIN Ar-Raniry yang paling terakhir pada tahun ini, maka diingatkan agar semua peminat dapat segera mendaftarkan diri dan jangan tunggu tibanya tanggal 10 Juli 2021, karena kalo sempat terlambat, maka resikonya akan rugi umur satu tahun,” kata Doktor Gunawan.

Sebagaimana diketahui, UIN Ar-Raniry setiap tahunnya membuka lima jalur proses seleksi calon mahasiswa baru yang dilakukan secara nasional, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang kepanitiaannya di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, selanjutnya jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (UMPTKIN), dan yang terakhir ini jalur PMB lokal yang dilaksanakan secara mandiri oleh UIN Ar-Raniry.

Warek I menambahkan, proses seleksi jalur PMB Lokal ini mengadopsi sistem UM-PTKIN, ujian secara online dengan Sistem Secara Elektronik (SSE), nanti akan ada petunjuk lanjutan mekanisme ujian serta petunjuk mengikuti ujian, semuanya tercantum pada kartu ujian masing-masing.

“Ujian akan dilaksanakan pada 17 Juli 2021, untuk itu diharapkan kepada calon peserta mengikuti simulasi ujian SSE pada 12 Juli, ini penting diikuti oleh peserta, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Selanjutnya, Gunawan mengingatkan kepada peserta agar dapat mempersiapkan fasilitas yang mendukung untuk mengikuti ujian, antara lain laptop atau android dengan spesifikasi yang standar, jaringan internet dengan provider yang baik sesuai dengan lokasi masing-masing, dan pastikan teliti dalam melihat jadwal tes agar tidak terlewatkan.

Dia memastikan bahwa Uang Kuliah Tunggal (UKT)/ SPP di UIN Ar-Raniry termasuk dalam ketegori murah, yakni mulai 400 ribu persemester. Bagi mahasiswa yang merasa dirinya kurang mampu dapat mengajukan keringanan UKT hingga yang termurah, sesuai dengan kemampuan pembiaya kuliah.

Disamping itu lanjut Gunawan, di UIN Ar-Raniry juga tersedia beberapa kelompok beasiswa, antara lain KIP-Kuliah, Bank Indonesia, Baznas, Baitul Mal, YBM PLN Pusat, BPSDM, beasiswa amal shaleh dan Bank Aceh Syariah.

“Oleh karena itu, kami mengajak masyarakat untuk segera mendaftarkan anaknya ke UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Insyaallah tidak memberatkan, apalagi berprestasi,” pungkasnya. (rus)