Gelaran Donor Darah Peringatan HUT Bhayangkara ke-75, Dandim, Kapolres dan Ketua DPRK Bireuen Ikut Sumbang Darah

HARIANRAKYATACEH.COM – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 75 tahun 2021, Kodim, Polres dan Satpol PP bekerjasama dengan petugas UTD RSUD dr Fauziah Bireuen melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa aksi donor darah di halaman Polsek Kota Juang, Senin (28/6).

Darah yang terkumpul dalam kegiatan ini sebanyak 142 kantong. Mayoritas pendoror terdiri dari personel Kodim 0111/Bireuen, Personel Polres, anggota Satpol PP dan masyarakat sekitar.

Dandim 0111/Bireuen Letkol Inf Zainal Abidin Rambe S Sos, Kapolres Bireuen AKBP Taufik Hidayat SH SIK MSi dan Ketua DPRK Rusyidi Mukhtar S Sos juga ikut menyumbang.

Mengawali kegiatan, calon pendonor terlebih dahulu diperiksa kelayakannya, diantaranya kesehatan fisik, kesehatan darah, dan golongan darahnya. Sehingga, diharapkan darah yang diperoleh nantinya, benar-benar darah yang sehat dan aman bagi penerima.

Dandim 0111/Bireuen, Letkol Inf Zainal Abidin Rambe S Sos saat dihubungi media ini mengatakan, donor darah merupakan bagian dari sedekah yang sungguh bermakna serta bermanfaat secara langsung bagi masyarakat lain, dikarenakan setetes darah yang disumbangkan dapat menyelamatkan nyawa warga yang sangat membutuhkan.

“Peringatan Bhayangkara ke-75 menjadi moment penting dalam berbakti. TNI/Polri selalu siap bekerjasama dalam semua kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat Bireuen,” ujar Dandim.

Ucapan terimakasih juga diutarakan kepada seluruh pihak yang telah ikut partisipasi dalam menyukseskan aksi sosial donor darah ini.

Sementara Kepala UTD RSUD Bireuen, Wardati SKM mengaku, persediaan darah di UTD semakin menipis.

“Alhamdulillah, berkat aksi donor darah yang digelar TNI/Polri, sangat membantu kekurangan stok darah di rumah sakit,” pungkasnya.

Wardati mengharapkan berbagai lembaga lain di Bireuen untuk melaksanakan donor darah. Karena, setiap hari kebutuhan darah di RSUD dr Fauziah maupun rumah sakit swasta lainnya, mencapai puluhan kantong. (akh)