Kamaddin Budidayakan Tomat, Harus Jadi Contoh

Sekda Bener Meriah meninjau langsung tanaman tomat milik Kamaddin, warga Kampung Ujung Gele, Kecamatan Bukit, Senin (28/6). MASHURI/RAKYAT ACEH

HARIANRAKYATACEH.COM – Sekdakan Bener Meriah, Drs Haili Yoga MSi, kepada Rakyat Aceh mengatakan, para petani di Bener Meriah dapat meniru ilmu dan keahlian Kamaddin yang sukses membudidayakan tanaman tomat hingga menghasilkan produktivitas yang sangat banyak.

Hal tersebut disampaikan, saat mengunjungi lahan milik Kamaddin di Kampung Ujung Gele, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah, Senin (28/6).

Dalam kunjungan itu, Haili Yoga juga mengaku takjub dan mengapresiasi usaha Kamaddin yang berhasil mengembangkan tanaman tomat di lahannya yang yang berukuran 16 x 59 meter itu. “Semangat dan kemampuan untuk menerapkan teknologi pertanian untuk jenis holtikultura ini merupakan modal dasar yang harus dipertahankan dan ditingkatkan serta dapat menjadi contoh bagi petani lainnya di wilayah Bener Meriah,” katanya.

Haili juga mengaku bangga melihat usaha dan keterampilan yang memanfaatkan lahan tidak begitu luas, namun menghasilkan produksi yang banyak. “Di lahan berukuran 16 x 59, ia telah berhasil memanen buah tomatnya hingga 10 ton,” ujarnya.

Menurutnya, pola yang diterapkan oleh Kamaddin harus dapat di contoh oleh petani tomat lainnya untuk meningkatkan perekonomian. Untuk itu, ia berharap media untuk mempublikasikan keberhasilan sehingga menjadi motivasi yang dapat diikuti oleh petani-petani.

Kepada Kadis Pertanian Bener Meriah, yang juga ikut dalam rombongan tersebut Sekda berpesan untuk menjadikan Kamaddin sebagai narasumber dalam setiap pertemuan maupun kegiatan terkait tata cara dan edukasi dalam bercocok tanam tomat hingga dapat hasil yang memuaskan.

“Kita selalu berharap orang seperti pak Kamaddin ini dapat dihadirkan dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pertanian, sehingga cara dan teknik yang selama ini dilakukannya dapat disebarluaskan kepada petani lainnya, sebab berbagi ilmu itu baik,” ujarnya. (uri/bai)