Fisip Umuslim Bersama DPMG-PKB Bireuen Persiapkan Juli Cot Mesjid Sebagai Pilot Project Desa Layak Anak

HARIANRAKYATACEH.COM - Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI) bersama Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Almuslim (Umuslim) dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMG-PKB) Bireuen, melakukan sosialisasi dan persiapan menjadikan pilot project Desa layak anak, Kamis (1/7) di Desa Juli Cot Mesjid, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen. Kegiatan ini salah satu bentuk dari kerjasama yang telah dilaksanakan oleh DPMG-PKB Bireuen bersama FISIP Umuslim bulan lalu. Sementara digelarnya sosialisasi kepada warga desa setempat untuk menjamin hak anak dan terwujudnya desa layak anak. Dalam sambutnnya, Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Rosdiana Yusuf SP mengatakan, pihaknya akan mempersiapkan Desa Juli Cot Mesjid sebagai Pilot Project atau percontohan bagi desa lain, yang nantinya dipersiapkan untuk dikirimkan ke tingkat Provinsi. Harapannya, semoga dengan kegiatan ini semakin meningkat perhatian pemerintah dan banyak anak-anak yang terus diberdayakan demi meningkatkan kualitas SDM di Aceh, khususnya di Bireuen. Sementara itu, Dekan FISIP Umuslim Rahmad S Sos MAP mengingatkan peran penting dari orang tua dalam pemenuhan hak-hak anak. Dijelaskan, Kabupaten Layak Anak mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak. "Partisipasi kalangan akademik dalam mendukung Bireuen sebagai Kabupaten Layak Anak tidak terlepas daripada bentuk pengabdian kepada masyarakat, yang merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi," ujarnya. (akh)

HARIANRAKYATACEH.COM – Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI) bersama Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Almuslim (Umuslim) dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMG-PKB) Bireuen, melakukan sosialisasi dan persiapan menjadikan pilot project Desa layak anak, Kamis (1/7) di Desa Juli Cot Mesjid, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen.

Kegiatan ini salah satu bentuk dari kerjasama yang telah dilaksanakan oleh DPMG-PKB Bireuen bersama FISIP Umuslim bulan lalu. Sementara digelarnya sosialisasi kepada warga desa setempat untuk menjamin hak anak dan terwujudnya desa layak anak.

Dalam sambutnnya, Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Rosdiana Yusuf SP mengatakan, pihaknya akan mempersiapkan Desa Juli Cot Mesjid sebagai Pilot Project atau percontohan bagi desa lain, yang nantinya dipersiapkan untuk dikirimkan ke tingkat Provinsi.

Harapannya, semoga dengan kegiatan ini semakin meningkat perhatian pemerintah dan banyak anak-anak yang terus diberdayakan demi meningkatkan kualitas SDM di Aceh, khususnya di Bireuen.

Sementara itu, Dekan FISIP Umuslim Rahmad S Sos MAP mengingatkan peran penting dari orang tua dalam pemenuhan hak-hak anak.

Dijelaskan, Kabupaten Layak Anak mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak.

“Partisipasi kalangan akademik dalam mendukung Bireuen sebagai Kabupaten Layak Anak tidak terlepas daripada bentuk pengabdian kepada masyarakat, yang merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ujarnya. (akh)