Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 4 Jul 2021 15:22 WIB ·

Anda Lulusan SMA Pengin Daftar CPNS 2021? Silakan Baca


 Net. Perbesar

Net.

HARIANRAKYATACEH.COM – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI merupakan salah satu instansi yang melakukan rekrutmen CPNS 2021.

Kepala Rutan Kelas II B Barabai, Gusti Iskandarsyah, mendorong putra/putri terbaik Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, ikut mendaftar CPNS di Kemenkumham. “Silakan daftar. Kesempatan telah dibuka oleh Kemenkumham RI, kami memanggil putra putri terbaik bangsa untuk bergabung menjadi insan pengayoman sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun 2021 dengan mendaftarkan diri sebagai CPNS,” katanya di Barabai, Sabtu (3/7).

Dikatakan, formasi seluruh Indonesia yang dibuka adalah sebanyak 4.558 orang. Terdiri dari 253 formasi tenaga kesehatan dan 4.305 formasi tenaga teknis. Sedangkan kuota untuk di Kalsel terbatas. “Khusus sipir hanya sebanyak 53 CPNS,” terang Gusti. Dikatakan, secara nasional, formasi tenaga kesehatan diperuntukkan bagi jabatan dokter, perawat, dan bidan.

Sementara itu formasi tenaga teknis diperuntukkan bagi jabatan pranata komputer, analis hukum, analis anggaran, pranata keuangan APBN, dosen dan pembimbing kemasyarakatan bagi jenjang pendidikan D-3, S-1, dan S-2. “Ada pula jabatan penjaga tahanan serta pemeriksa keimigrasian bagi jenjang pendidikan SMA. Untuk pembukaan tahun ini, secara umum ada dua formasi, yaitu Tenaga Kesehatan dan juga Tenaga Teknis. Untuk kuotanya lebih dari 4.500 orang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” tukasnya.

Dia menambahkan, Kemenkumham membuka formasi umum, formasi lulusan terbaik atau cum laude, dan formasi disabilitas.

Peserta yang memilih formasi cum laude akan memiliki persyaratan tersendiri. Demikian juga, bagi para penyandang disabilitas. “Sebagai Kementerian yang salah satu tugasnya di bidang HAM, selain jalur umum dan prestasi atau cum laude, Kementerian ini juga memberikan peluang terbuka bagi para penyandang disabilitas untuk bergabung bersama kami,” katanya. Diterangkannya, ada beberapa tahapan yang harus dilalui peserta untuk dinyatakan lulus seleksi CPNS. Pertama, peserta dapat melakukan pendaftaran secara online melalui laman sscasn.bkn.go.id pada 30 Juni – 21 Juli 2021,” terangnya. Guna menghindari permasalahan dalam masa pendaftaran dan seleksi administrasi, disarankan sebelum mendaftar di laman BKN, calon peserta terlebih dahulu membaca secara detil dan seksama terkait berbagai syarat dan ketentuan yang diperlukan di laman cpns.kemenkumhan.go.id. Hal ini untuk menghindari calon peserta gugur dalam proses seleksi administrasi. “Persyaratan yang disampaikan dalam laman BKN adalah persyaratan secara umum. Bagi para pelamar CPNS Kemenkumham, secara spesifik persyaratan ada dalam laman kami yaitu cpns.kemenkumham.go.id. Apabila tidak teliti, calon peserta bisa gugur dalam tahap seleksi administrasi,” katanya.

Dijelaskan, untuk mendapatkan kader yang berkualitas dan berintegritas, Kemenkumham berkomitmen menyelenggarakan seleksi CPNS secara profesional dan akuntabel. “Peserta diimbau untuk tidak percaya pada pihak-pihak mana pun yang menawarkan bantuan dengan imbalan, karena setiap peserta akan dinilai berdasarkan kemampuannya masing-masing,” tegasnya. Dia mengingatkan jika ada pihak yang menawarkan bantuan bisa meluluskan peserta, maka jangan percaya. “Saya pastikan itu bohong. Itu penipu. Segera laporkan,” tuntasnya. (antara/jpnn)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Diperiksa Tiga Jam, Terlapor Akui Ancam Wartawan Melalui Telepon

18 April 2024 - 20:16 WIB

Bulog Sub Divre Lhokseumawe Pastikan Stok Beras Aman

18 April 2024 - 16:23 WIB

Walau Dijaga Ketat Pengungsi Rohingya di Aceh Barat Terus Kabur

18 April 2024 - 14:42 WIB

Sopir Lupa Tarik Rem Tangan, Truk Meluncur di Jalan Tol

18 April 2024 - 14:36 WIB

Polres Nagan Raya Gelar Patroli Gabungan untuk Tertibkan Tambang Ilegal

18 April 2024 - 10:55 WIB

Pemerintah Aceh dan Haji Uma Bantu Pemulangan Jenazah Warga Kota Juang Bireuen

17 April 2024 - 21:03 WIB

Trending di DAERAH