Komunitas Kejar Mimpi Tanam Mangrove

Kadis LH bersama KKM dan masyarakat saat menanam bibit Mangrove di Gampong Cinta Raja. Rakyat Aceh/Bahtiar

HARIANRAKYATACEH.COM – Upaya menghijaukan dan melestarikan alam, Komunitas Kejar Mimpi (KKM) Langsa bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat, melakukan penanaman ratusan batang bibit pohon mangrove di Gampong Cinta Raja, Kecamatan Langsa Timur, Minggu (4/7).

Kadis Lingkungan Hidup Langsa, Ridwanullah, MAP mengatakan, dirinya sangat apresiatif terhadap inisiasi Komunitas Kejar Mimpi melakukan aksi tanam mangrove. Menurutnya, aksi ini perlu di dukung dan di dorong sebagai semangat bagi generasi muda terhadap pelestarian lingkungan.

“Bumi yang kita tempati, saat ini sedang tidak baik – baik saja, karena aktivitas ilegal logging/deforestasi tidak seimbang dengan upaya reboisasi ataupun pelestarian alam. Jadi perlu kesadaran kita semua untuk menjaga keseimbangan alam dengan melakukan penanaman pohon,” ungkap Ridwanullah.

Dijelaskannya, menurut release terbaru yang dikeluarkan oleh WMO (World Meteorogical Organization), bahwa tahun ini suhu bumi mengalami kenaikan sebesar 1,5 °C. Hal ini tentu mengindikasikan secara langsung atau tidak langsung menyebabkan kerusakan lingkungan yang kita huni saat ini.

Lanjutnya, jika situasi ini tidak dapat di netralisir atau tidak ada upaya kita melestarikan alam, maka akan berdampak besar ke depan. “Apalagi anak cucu pewaris generasi kita nnati, pastinya mereka yang paling merasakan dampaknya, terutama terdampak polusi udara,” sebut Ridwanullah lagi.

Sementara itu, Ketua Komunitas Kejar Mimpi, Eicky Hadi Pranata menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kesertaan Dinas Lingkungan Hidup serta masyarakat Cinta Raja yang telah menyukseskan gerakan menanam bibit pohon mangrove tersebut.

Menurutnya, aksi penanaman bibit mnagrove ini merupakan modal besar yang akan diwariskan kepada anak cucu kedepannya.
“Sehingga mereka tidak harus mengalami penderitaan alam atas kelalaian kita hari ini,” ujarnya. (dai/rus).