Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 6 Jul 2021 17:31 WIB ·

BEM Faperta Uniki Menangkan Hibah PHP2D


 BEM Faperta Uniki Menangkan Hibah PHP2D Perbesar

HARIANRAKYATACEH.COM – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Sain Pertanian dan Peternakan (Faperta) Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI), memenangkan program hibah mahasiswa dari Kemdikbudristek, yakni Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) tahun 2021.

Informasi ini dihimpun dari Pembina PkM Mahasiswa UNIKI, Dr Azhari SE MSi Ak CA, sekaligus sebagai Ketua LPPM UNIKI, Selasa (6/7).

Azhari menyebutkan, Program hibah ini salah satu ajang bergengsi tingkat Nasional yang digelar Kemendikbudristek sejak tahun 2020 lalu, dan merupakan program membentuk karakter dan kesiapan mahasiswa untuk siap membangun desa dan daerah dengan kemampuan intelektual dan skill ditengah masyarakat.

“Tema yang dimenangkan mahasiswa ini tentang Budidaya Porang Sebagai Pangan Alternatif dalam Mengantisipasi Kelangkaan Pangan Akibat Covid-19,” sebutnya.

Disebutkan, kegiatan ini nantinya akan dilaksanakan di Desa Seuleumbah, yang merupakan daerah pontesial sebagai daerah pengembangan tanaman pangan. Kondisi fisik lahan di Desa tersebut barada pada kawasan landai, cocok untuk budidaya porang.

Ketua Kelompok PHP2D Faperta Uniki, Muhammad Fadhil menyatakan, tanaman porang telah dikenal memiliki potensi sebagai sumber pangan yang berkualitas dengan kandungan karbohidrat tinggi. Budidaya porang ini cukup berpotensi bagi masyarakat di Desa Seleumbah sebagai tambahan penghasilan, dengan memanfaatkan lahan tidur sebagai lahan berbudidaya tanaman porang.

“Sebagian besar lahan penduduk di Desa Seuleumbah masih belum dimanfaatkan secara optimal, ditambah lagi pengetahuan tentang budidaya tanaman porang kurang diketahui masyarakat petani di daerah tersebut. Atas pertimbangan ini, kami berupaya untuk menggali potensi daerah demi kemanfaatan bagi masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Dekan Faperta Uniki, Ir Suryani M Pt merasa bersyukur, peserta didik sudah mulai terbuka jangkauannya untuk berbuat bagi desa dan masyarakat, khususnya menyiapakan ketahanan pangan di masa pandemi covid-19.

“Tentunya ini bagian dari program Uniki secara umum, ingin mengembangkan ilmu yang sudah diteliti dan dipelajari untuk membangun kewirausahaan sosial yang kuat untuk mewujudkan kemandirian masyarakat. Oleh karena itu, kami ingin memberikan pembinaan pemberdayaan masyarakat desa tentang budidaya tanaman demi meningkatkan ekonomi masyarakat,” sebut Suryani. (akh)

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Dandim 0103/Aceh Utara Bukber dan Santun Anak Yatim

28 March 2024 - 21:15 WIB

BSI Regional Aceh Dorong Penguatan Transaksi Digital Masjid

28 March 2024 - 19:36 WIB

Sekda Langsa Buka Kegiatan Dialog Penguatan Strategi SBS

28 March 2024 - 15:22 WIB

Tiga Kab di Aceh Dorong Pencapaian Stop Buang Besar Sembarangan

28 March 2024 - 15:00 WIB

Dampak Cuaca Ekstrem, Petani di Aceh Tamiang Siram Tanaman 2-3 Kali Sehari

28 March 2024 - 06:23 WIB

Pemkab Aceh Tamiang Gelar Pasar Murah Rp150 Ribu/Paket 

28 March 2024 - 06:21 WIB

Trending di NANGGROE TIMUR