Rp 45 Miliar untuk Dayah dan Balai Pengajian di Pijay

Rakyat Aceh

HARIANRAKYATACEH.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie Jaya menyediakan anggaran Rp 4,2 milair untuk Biaya Operasional (OP) dayah dan balai pengajian serta isentif guru di dua lembaga pendidikan agama tersebut. Jumlah itu dibagai untuk 70 unit dayah dan 334 balai pengajian.

Kepada Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Pidie Jaya, Agussalim M.Pd, M.Ed mengatakan, jumlah anggaran yang disediakan Pemkab Pidie Jaya sebesar Rp 4,2 miliar dalam APBK Pidie Jaya tahun 2021 itu, dibagi untuk operasional dayah dan balai pengajian sebesar Rp 1,9 miliar dan isentif guru di lembaga tersebut sebesar Rp 2,3 miliar.

Disebutkan, biaya operasional untuk dayah dikategorikan dalam empat tipe. Mulai dari tipe A plus dibantu Rp 21 juta, tipe B 14,5 juta, tipe C 12 juta dan tipe D 8 juta. Sedangkan untuk balai pengajian dengan jumlah sebanyak 334 unit dibantu sebesar Rp 3.070.000 masing-masing balai pengajian.

“Definisi dayah yang dibantu Pemerintah iti minimal memilik santri yang mondok atau menginap sebanyak 25 orang, memiliki bilik, dapur umum dan fasilitas lainnya. Sementara balai pengajian tidak ada katagori, tapi aktivitas pengajiannya berjalan rutin,” ujar Agussalim.

Dijelasakan pula, sebenarnya di Pidie Jaya cukup banyak data balai pangajian yang masuk dan tahun-tahun sebelumnya mendapatkan bantuan.

Namun, karena ditemukan BPK ada balai pengajian fiktif dan disorot dewan, maka setelah diverifikasi ulang, yang tinggal hanya 334 unit. “Sebelum ditertibkan balai pengajian di Pidie Jaya cukup banyak, mencapai 500 unit. Setelah diverifikaai ulang atas temuan dan sorotan beberapa pihak, kini tinggal 334 unit. Malah ada yang usulkan 40 unit, tapi kita tolak,” ujarnya. (san/min)