Ruas Jalan Tol Langsa-Aceh Utara Mulai Dipacu

Penyerahan dokumen pengadaan tanah jalan tol tahap III dari Satker Jalan Tol Kementrian PUPR Alfi kepada Asisten I Pemerintah Aceh diterima M Jafar SH di Banda Aceh, Selasa (06/7). IMRAN JONI

HARIANRAKYATACEH.COM – Asisten I Pemerintah Aceh, M Jafar mengatakan, pembangunan jalan tol di Aceh terus dipacu. Saat ini sedang dalam tahapan perencanaan persiapan pengadaan tanah dalam rangka penerbitan penetapan lokasi pembangunan jalan tersebut.

Pembangunan ini merupakan tahapan sebelumnya jalan tol Binjai-Langsa yang sudah berjalan dengan baik dan terus dalam pekerjaan diharapkan akhir tahun ini tuntas.

Demikian disampaikan Asisten I Pemerintah Aceh M Jafar saat menerima tim percepatan pembangunan jalan tol masing-masing Sekretaris Dinas Pertanahan Aceh, Mukhtaruddin, Kabid Pengadaan Tanah Faisal, Kabid Penanganan Masalah Pembinaan dan Penyuluhan Pertanahan M Nizwar, Karo Tata Pemerintah Aceh, Syakir serta Alfi dan
Idrus Satker jalan tol dari Kementerian PUPR Aceh.

Disebutkan ruas jalan tol ruas Langsa-Lhokseumawe sepanjang 135 km akan dikerjakan setelah dibentuk panitianya. Waktunya hanya lima hari setelah menerima DPPT.

“Kita sudah terima DPPT secara de facto. Lalu membentuk SK Tim Verifikasi, bekerja lima hari sejak lima hari berikutnya penerimaan DPPT untuk disampaikan ke gubernur,” ujar M Jafar yang kemarin juga mewakili Sekda Aceh.

Pekerjaan jalan ini tahapannya pelaksanaannya kata Jafar, dimulai dalam waktu tiga bulan ke depan. Diperlukan kerjasama yang baik dengan PPK Kementrian PUPR, Kanwil BPN dan Dinas Pertanahan. “

Kita harus kerja cepat dan kerja tuntas, karena waktu yang dituntut harus cepat selesai. Jangan sampai terlambat sebab bisa nanti menjadi masalah terutama soal anggaran pusat.

Kemudian soal pembayaran ganti rugi tanah banyak masalah kalau berlarut-larut. Maka dikuatirkan akan banyak masuk angin,” sebut Jafar.

Pemerintah Aceh ingin secepat-cepatnya jangan sampai merugikan daerah. Karena itu mohon dukungan semua pihak. (imj)