MPU Lhokseumawe Latih Kader Ulama Muda 

HARIANRAKYATACEH.COM – Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kota Lhokseumawe menggelar Pendidikan Kader Ulama (PKU) tahun 2021 di Hotel Lido Graha Aceh Utara di Lhokseumawe, pada Selasa (6/7). Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kota Lhokseumawe, H. Misran Fuadi, S. Ag., MAP.

Kegiatan yang diikuti oleh 40 peserta selama 12 hari kedepan mengusung tema “Melalui Pendidikan Kader Ulama (PKU) Kita Tingkatkan Wawasan dan Pemahaman Calon Ulama Masa Depan Dalam Pembangunan Kota Lhokseumawe”.

Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kota Lhokseumawe Tgk. H. Abubakar Ismail, mengatakan, pendidikan kader ulama ini penting dilakukan untuk mendidik generasi muda yang bakal menjadi pengganti ulama masa kedepan.

“Kami melihat sangat luar biasa semangat dan motivasi para peserta untuk mengikuti pendidikan kader ulama. Peserta itu berasal dari kalangan santri dan alumni pesantren di Kota Lhokseumawe,”ucap Tgk.H.Abubakar Ismail akrab disapa Abati ini.

Disebutkan, tantangan dan rintangan para generasi kader ulama kedepan sangat berat sehingga perlu dibekali secara dini. Baik itu dari segi pemanfaatan teknologi dengan positif dan pengembangan ilmu pendidikan maupun mempelajari kitab-kitab kuning. “Kehidupan kader ulama kedepan tidak sama seperti kehidupan kita selama ini. Makanya kita dari MPU memberikan pelatihan atau pembekalan kepada kader ulama muda yang akan mengisi pembangunan Kota Lhokseumawe,”ungkap Abati didampingi Kepala Sekretariat MPU Kota Lhokseumawe Hasri, kepada Rakyat Aceh kemarin.

Salain itu, lanjut Kepala Sekretariat MPU Kota Lhokseumawe Hasri, pelatihan kader ulama ini diikuti oleh 40 peserta yakni 20 peserta putra dan 20 peserta putri yang berlangsung selama 12 hari kedepan dengan menggunakan sumber dana dari Otsus Aceh tahun 2021.

Sementara yang menjadi narasumber selain Ketua MPU Lhokseumawe juga kalangan ulama Lhokseumawe dan Aceh Utara serta narasumber dari unsur Muspida.

Turut hadir dalam kegiatan itu Ketua DPRK Lhokseumawe Ismail, Kepala Kejaksaan Negeri Lhokseumawe Dr. Mukhlis dan para unsur Muspida lainnya serta kalangan ulama Lhokseumawe. (arm/icm)