Tak Perlu Resah, Stok Oksigen Pasien Covid-19 Aman di RSUCM

OKSIGEN-Rumah Sakit Umum Cut Meutia (RSUCM) Aceh Utara di Buket Rata Lhokseumawe menyatakan, stok oksigen untuk kebutuhan pasien Covid-19 dalam kondisi aman. ARMIADI/RAKYAT ACEH.

HARIANRAKYATACEH.COM – Rumah Sakit Umum Cut Meutia (RSUCM) Aceh Utara di Buket Rata Lhokseumawe menyatakan, stok oksigen untuk kebutuhan pasien Covid-19 dalam kondisi aman.

Hal itu disampaikan Humas RSUCM Aceh Utara Jalaluddin, dikonfirmasi Rakyat Aceh, Rabu (7/7). Dia mengatakan, masyarakat tidak perlu resah dengan ketersediaan oksigen untuk pasien Covid-19 dan pasien penyakit umum lainnya.

” Saat terjadi lonjakan kasus pasien Covid-19 pada 2020 lalu untuk stok oksigen juga aman dengan jumlah pasien 25 orang, sekarang kan cuma 8 orang pasien maka lebih aman lagi oksigen,”katanya.

Disebutkan, setiap hari pihaknya memiliki stok oksigen sebanyak 100 tabung sehingga tidak menjadi kendala dalam memberikan pelayanan kepada pasien Covid-19 dan pasien diluar Covid-19.

Sementara kebutuhan oksigen di RSU Cut Meutia perhari antara 30 hingga 40 tabung oksigen. “Kalau saat ini pasien Covid-19 hanya 8 orang maka kita perkirakan saja jika dalam sehari itu satu pasien membutuhkan 3 oksigen maka totalnya 24 tabung oksigen. Itupun terkadang ada pasien Covid-19 yang tidak habis terpakai satu tabung oksigen, jadi tidak ada masalah tentang oksigen,”ungkap Jalaluddin.

Menurut dia, kondisi kebutuhan oksigen di RSUCM Aceh Utara tidak sama dengan RSU lainnya di Indonesia, seperti RSU di pulau Jawa yang jumlah kasus Covid-19nya lebih tinggi jika dibandingkan dengan daerah-daerah di Aceh. ” Posisi hari ini jumlah pasien Covid-19 di RSU Cut Meutia masih 8 orang yang dirawat dan satu orang lain tenaga kesehatan (Nakes) isolasi mandiri,”ucapnya.

Namun, ia tetap meminta kepada masyarakat walaupun jumlah kasus Covid-19 sudah menurun, tapi untuk Prokes Covid-19 perlu terus dilakukan. Seperti memakai masker saat keluar rumah, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta terapkan pola makan yang sehat. (arm/icm)