LPJ Aceh Barat, Empat Terima Satu Tolak

Bupati Aceh Barat H Ramli MS bersama pimpinan DPRK Aceh Barat, usai menerima LPJ anggaran tahun 2020. IST/RAKYAT ACEH

HARIANRAKYATACEH.COM – Bupati Aceh Barat, H Ramli MS, yang didampingi Wakil Bupati Aceh Barat Drs H Banta Puteh Syam SH MM menghadiri penutupan rapat paripurna ke III masa sidang ke II DPRK Aceh Barat tahun 2021 dengan agenda penyampaian pendapat akhir serta pembahasan dan penetapan terhadap rancangan qanun tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBK Aceh Barat 2020 yang di gelar di ruang sidang utama, Meulaboh, Kamis (8/7).

Rapat paripurna langsung dipimpin Ketua DPRK Aceh Barat Samsi Barmi dan juga Wakil Ketua DPRK H Kamaruddin SE, unsur forkopimda, anggota DPRK, Sekda, para asisten dan staf ahli bupati, para kepala SKPK, para Kabag dalam lingkup Setdakab dan para camat dilingkup Kabupaten Aceh Barat.

Bupati Aceh Barat, H Ramli MS menyampaikan, rapat paripurna ini merupakan amanat undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah guna menciptakan pemerintahan yang baik dan bertanggung jawab. Ini adalah salah satu tanggungjawab dan kewajiban Bupati Aceh Barat selaku pimpinan daerah untuk menyampaikan pertanggung jawaban atas pelaksanaan APBK kepada DPRK Aceh Barat.

Pertanggungjawaban pelaksanaan APBK Aceh Barat 2020 adalah gambaran dari realisasi terhadap pengelolaan keuangan yang telah dilaksanakan pada berbagai kegiatan pembangunan yang mencerminkan kinerja keuangan selama tahun anggaran 2020.
Lanjut, Ramli MS, selain memperoleh prestasi, Pemkab Aceh Barat juga tidak terlepas dari berbagai kekurangan dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan yang masih perlu penyempurnaan. “Oleh sebab itu, pihaknya terbuka terhadap semua kritik dan saran yang disampaikan oleh anggota DPRK Aceh Barat untuk menjadi masukan demi kesempurnaan kinerja di masa yang akan datang,” ujarnya.

Ramli MS menjelaskan permasalahan pembangunan yang dihadapi ke depan akan semakin kompleks dan penuh dengan tantangan. Untuk itu, sebagai pelayan masyarakat dirinya harus memperkuat komitmen pembangunan yang semakin partisipatif dan adaptif terhadap aspirasi dan kebutuhan masyarakat.

Ia berharap kerjasama dan komunikasi yang terjalin selama ini antara eksekutif dan legislatif dapat terus terjaga dan semakin baik guna meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat ke depannya di Bumi Teuku Umar.

Rapat paripurna ke-III masa sidang ke-II DPRK Aceh Barat 2021 ini memutuskan menerima dan menyetujui hasil raqan tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBK Aceh Barat 2020.

Adapun fraksi yang menerima hasil raqan tersebut berjumlah empat fraksi yaitu dari fraksi Partai Aceh, Partai Gerindra, Partai Golkar dan Persatuan Demokrat Sejahtera (PeDeS), sedangkan fraksi PAN menolak. (ril/den/bai)