Kapendam IM : TMMD Kodim Aceh Singkil Wujud Sinergi Membangun Negeri

TMMD Kodim Aceh Singkil Wujud Sinergi Membangun Negeri. Foto kiriman Kodim Aceh Singkil

HARIANRAKYATACEH.COM ( Aceh Singkil)  – Kegiatan program TMMD serentak dibuka secara resmi pada tanggal 15 Juni 2021 yang lalu dilaksanakan di 50 Kabupaten/Kota di Indonesia dengan mengusung tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri” merupakan dukungan nyata TNI bagi Pemerintah Daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, baik melalui kegiatan pembangunan fisik dan non fisik, serta merupakan komitmen TNI dan Pemerintah Daerah dalam melestarikan kegotongroyongan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam pembangunan yang melibatkan TNI, Kementerian Lembaga Pemerintah non Kementerian, Pemerintah Daerah serta seluruh lapisan masyarakat.

TMMD Kodim Aceh Singkil Wujud Sinergi Membangun Negeri. Foto kiriman Kodim 0109/ Aceh Singkil

“Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan wawasan kebangsaan dan kesadaran berbela negara. Sehingga terciptanya kondusifitas di wilayah serta terciptanya ketahanan nasional yang semakin tangguh,” ungkap Kolonel Arh Sudrajat SH Kepala Penerangan Iskandar Muda (Kapendam IM).

Selain itu, bahwa kegiatan program TMMD ini bukan semata membangun sarana dan prasarana umum di wilayah, akan tetapi program yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral ini juga membangun semangat dan kepercayaan diri dari masyarakat untuk mampu mengelola potensi yang dimiliki.

“Melalui kegiatan bakti TNI program TMMD ini kita dapat bekerjasama dan berbuat secara maksimal dengan pengabdian untuk negeri. Tentunya, ini tidak lepas dari dukungan penuh dan partisipasi aktif masyarakat,” kata Kapendam.

Menurutnya, merupakan bentuk wujud sejarah bahwa TNI adalah dari rayat untuk rakyat oleh karena itu setiap ada pembangunan TNI selalu hadir, selain itu dengan adanya program ini merupakan bentuk pembinaan pertahanan sehingga dengan TMMD ini menciptakan pertahanan di wilayah.

Lebih lanjut dikatakan, Program TMMD telah banyak memberikan manfaat bagi masyarakat terutama semangat gotong-royong semua bahu membahu memberikan ide/pemikiran, membangun bangsa, tenaga serta ketrampilan bahkan gagasan, sumbangan berupa materi dan sebagainya. Berbasis kegotong-royongan, bahkan program dilaksanakan secara fisik maupun non fisik sehingga sangat membantu pemerintah Daerah khusunya masyarakat yang ada di pedesaan/pedalaman guna mempercepat pembangunan.

Harapannya, melalui TMMD ini menjadikan masyarakat semakin sejahtera dan mandiri serta memiliki ketahanan wilayah yang tangguh dalam menghadapi setiap hakekat ancaman yang ada. (ra)