Latihan Sambil Berwisata Ala Paskibraka Simeulue ‎

Puluhan personil Paskibraka sedang berdoa sebelum dimulainya latihan di salah satu dermmaga pelabuhan yang ada dipinggir Teluk Sinabang. Minggu (11/7). Ahmadi - Harianrakyataceh.com

HARIANRAKYATACEH.COM – ‎Puluhan personil Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Merah Putih 17 Agustus 2021, memilih lokasi latihan yang berbeda, salah satunya dikawasan pantai Teluk Sinabang.

Diketahui pantai Teluk Sinabang itu menawarkan pemandangan yang  ‎menawan dan sejuk tersebut, sehingga proses latihan 70 personil Paskibraka itu, selain super serius juga sambil berwisata menikmati alam laut dan hilir mudik perahu nelayan, kapal feri, kapal perintis serta kapal laut lainnya yang melintasi laut yang tenang.

Latihan sambil berwisata para personil calon Paskibraka atau dengan istilah Capaska 17 Agustus HUT RI, dengan memilih salah satu lokasi latihan dikawasan pinggir Teluk Sinabang, yang dilatih dan dibina personil Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Simeulue.

“Konstrasi dan keseriusan serta tidak menimbulkan kejenuhan selama latihan personil Paskibraka HUT RI, maka  kita putuskan setiap harinya lokasi latihan sambil menikmati keindahan alam, salah satu lokasinya dikawasan pinggir Teluk Sinabang‎”, kata Peltu Mes Herianto, Pelatih Paskibraka HUT RI Kabupaten Simeulue, kepada harianrakyataceh.com, Minggu (11/7).

Masih menurut pelatih Paskibraka HUT RI Kabupaten Simeulue itu, dengan memilih lokasi yang menyuguhkan pemandangan sehingga tidak menimbulkan kejenuhan, juga untuk menjaga kesehatan dan keamanan personil Paskibraka di masa pandemi Covid19, dan saat pelaksanaan upacara HUT RI, stamina fisik dan rohani tetap sehat‎.

Selain latihan rutin dikawasan pinggiran Teluk Sinabang itu, juga latihan Paskibraka sebut Herianto, untuk latihan pemantapan formasi digelar dilokasi tempat resmi pelaksanaan upacara HUT RI, yakni lapang upacara Pemerintah Kabupaten Simeulue, persisnya didepan Pendopo Bupati dan Kantor DPRK setempat.

“Personil Paskibraka tingkat Kabupaten Simeulue yang sedang latihan ini‎, berasal dari utusan sejumlah pelajar SMA di 10 Kecamatan dalam Kabupaten Simeulue, yang tidak ada utusan hanya SMA dari Kecamatan Simeulue Barat, Alafan dan Kecamatan Teluk Dalam. Personil Paskibraka ini juga nantinya akan menggelar atraksi  Kampung Bahari Nusantara yang ada di Kecamatan Teluk Dalamm”, imbuh Herianto.

Latihan serius sambil berwisata itu, juga dibenarkan ‎Putri Ayu Siswi‎ SMKN 1 Sinabang‎, salah seorang personil Paskibraka HUT RI tingkat Kabupaten Simeulue, saat ditemui harianrakyataceh.com, sesaat sedang menikmati waktu istrahat yang diberikan oleh pelatih Paskibraka di kawasan pinggir Teluk Sinabang, Minggu (11/7).

“Saya sudah lama bercita-cita menjadi personil Paskibraka dan Alhamdulillah terwujud, latihannya sangat disiplin, serius serta tepat waktu. Meskipun sangat ketat proses latihannya tapi tidak membuat kita jenuh, sebab lokasi latihan kita dikawasan pinggir pantai Teluk Sinabang, sambil latihan serius juga sambil menikmati pemandangan alam”, katanya. (ahi).