DLH Siap Pindahkan TPS Kota Sigli

Tempat Pembuangan Sampah (TPS) DLH Pidie di tengah kota Sigli segera dipindahkan. Rakyat Aceh/Dhian Ana

HARIANRAKYATACEH.COM – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pidie, Safrizal.S.STP, M.Ec.Dev mengatakan, akan segera memindahkan TPS di jalan Merdeka Kota Sigli ke lokasi tanah milik DLH.

“Kita akan memindahkan TPS Sementara itu, karena lokasi tersebut akan dikerjakan proyek Kotaku untuk keindahan kota,” sebut Kadis Lingkungan Hidup, Safrizal menjawab Rakyat Aceh, Minggu (11/7).

Menurutnya, lokasi baru yang akan digunakan dan membangun jembatan penyeberangan selokan (got) pembuangan berukuran panjang 1,6 meter dengan kelebaran jembatan 6 (enam) meter.

Selain jembatan, lanjut Safrizal, juga dibangun gudang berteduh dan penimbunan lokasi atau serak kerikil, sehingga tidak membuat truk sampah nyangkut di tanah bekas tambak yang sudah lama tidak difungsikan lagi.

Ditanyai, apa saja yang akan dibangun di lokasi tanah milik DLH Pidie yang sudah lama dibebaskan itu, Safrizal menyebutkan, jembatan, penimbunan lokasi, gudang tempat berteduh, sumur Bor, pemasangan listrik dan dinding, serta lainnya.

Disinggung, berapa besar dana dibutuhkan untuk bangunan darurat tersebut, Safrizal menyebutkan paling sedikit berkisar Rp 60 juta.

“Itu hitungan kita, mungkin bisa bertambah lagi dari hitungan tukang,” sebutnya.
Sekda Pidie, H Idhami, kepada Rakyat Aceh menambahkan pemindahan TPS DLH di lokasi itu tercatat akan dibangun taman kota oleh Kotaku.

Selain taman kota, lokasi tidak jauh dari taman akan dibangun juga satu unit jembatan yang tembus ke Pusat Pasar Kota Sigli di Gampong Pante Teungoh.
“Ini masih dalam perencanaan yang matang,” sebut Sekda Idhami. (ana/rus).