Ramli MS Pantau Vaksinasi Massal

Bupati Aceh Barat, H Ramli MS, melihat proses vaksinasi massal. IST/HARIANRAKYATACEH.COM

HARIANRAKYATACEH.COM – Bupati Aceh Barat, H Ramli MS, memantau proses vaksinasi massal yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat bersama dengan unsur forkopimda di lapangan Teuku Umar, Meulaboh, Senin (12/7).

Bupati Aceh Barat, H Ramli MS menyampaikan, apresiasi terhadap antusiasme masyarakat yang ingin mengikuti program vaksinasi massal ini dan program vaksinasi yang dilaksanakan pemerintah, ini bentuk ikhtiar untuk mengatasi wabah covid-19 di daerah.

“15.601 orang lansia yang menjadi sasaran mendapatkan vaksinasi di Aceh Barat, dikarenakan lansia sangat rentan terpapar dengan virus covid, hal ini disebabkan karena imunitasnya yang sudah mulai menurun,” ujarnya.

Ia mengharapkan masyarakat yang di vaksin jangan pernah merasakan takut apa lagi mempercayai isu-isu hoax dengan penyuntikan vaksin,” sebut Ramli MS.
“Aceh Barat sudah memasuki zona orange virus covid-19, maka dari itu mari sama-sama kita memutuskan penyebaran virus covid-19 di daerah ini,” kata Ramli MS.

Penyuntikan vaksin ini diberikan secara gratis kepada masyarakat Kabupaten Aceh Barat, untuk itu manfaatkan lah peluang ini agar terhindar dari wabah yang mematikan ini.
“Saya berharap kepada tenaga medis jangan pantang menyerah untuk tetap berada di garda terdepan memutuskan mata rantai pengembangan covid-19 di daerah dan juga terus memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan virus covid-19,” pintanya.

Dirinya mengingatkan pentingnya vaksin ini dalam rangka meningkatkan herd immunity atau kekebalan kelompok ditengah pandemi ini, pemerintah terus berupaya melakukan pemantauan dalam pelaksanaan vaksinasi ini. Meski demikian walau sudah di vaksin masyarakat jangan lengah, tetap waspada dan terus menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Dalam kesempatan ini ia, tak henti-hentinya mengajak masyarakat untuk mengikuti kegiatan vaksinasi massal. “waktunya sangat terbatas, untuk itu mari sama-sama kita sukseskan vaksinasi massal ini dalam rangka serbuan vaksin nasional di Kabupaten Aceh Barat hingga tanggal 16 juli mendatang,” ujarnya.

Pemberian vaksin di Kabupaten Aceh Barat telah mencapai 160.454 lebih, (update per 9 Juli 2021) dosis vaksin dan jumlah orang yang akan menerima vaksin ini akan terus bertambah dengan di bukanya vaksinasi massal seperti hari ini.

Senada, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Barat, Syarifah Junaidah MKes mengatakan, kegiatan vaksin massal ini dilaksanakan selama sepekan yang digelar di lapangan teuku umar meulaboh mulai tanggal 12 hingga 16 juli mendatang, ia mengajak seluruh lapisan masyarakat di Aceh Barat agar hadir di lokasi yang telah ditentukan untuk divaksin.
Data per 9 Juli Pemkab Aceh Barat telah melakukan vaksin sebnyak 160.454 orang yang terdiri dari SDM Kesehatan sebanyak 2.811 orang, petugas public 12.405 orang, lansia 15.601 orang remaja dan umum 129.637 orang. Jumlah ini diharapkan akan terus bertambah dengan kita adakan vaksin massal ini.

Menurutnya, kegiatan ini sangat penting untuk memutuskan mata rantai perkembangan covid di daerah, untuk itu dirinya berharap partisipasi masyarakat untuk mensukseskan kegiatan vaksinasi ini. (ril/den/bai)