Pandemi Covid- 19 Tidak Menyurutkan Semangat PLN ULP Blangkejeren Terangi Desa Terpencil

Sejak Januari hingga pertengahan tahun 2021, PLN ULP Blangkejeren telah berhasil menerangi sebanyak 295 pelanggan dari tiga desa terpencil di Kecamatan Putri Betung dan Kecamatan Pining yang berada di Kabupaten Gayo Lues Provinsi Aceh. FOTO ISTIMEWA

HARIANRAKYATACEH.COM – Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam melayani kelistrikan untuk masyarakat.

Sejak Januari hingga pertengahan tahun 2021, PLN ULP Blangkejeren telah berhasil menerangi sebanyak 295 pelanggan dari tiga desa terpencil di Kecamatan Putri Betung dan Kecamatan Pining yang berada di Kabupaten Gayo Lues Provinsi Aceh.

Desa tersebut adalah Desa Uning Pune sebanyak 170 pelanggan, Air Jernih 50 pelanggan dan desa Pepelah 75 pelanggan dengan jarak masing-masing sekitar 60 Km dari Kota Blangkejeren.

Sebelum dilistriki oleh PLN, masyarakat di desa tersebut hanya menikmati listrik menggunakan pembangkit listrik PLTMH pemerintah daerah dan generator set atau Genset yang tidak mampu bertahan lama dengan kapasitas daya yang sangat terbatas sehingga menyebabkan banyak kegiatan perekonomian masyarakat terhambat terutama masyarakat yang mata pencahariannya bergantung pada listrik, seperti dagang dan usaha mikro rumahan.

Namun, berkat kerja keras dari PLN ULP Blangkejeren akhirnya desa tersebut dapat di aliri listrik oleh PLN.
   
“Sekarang sudah ada listrik dari PLN, kami dapat menggunakan listrik 24 jam untuk usaha kami dan anak – anak juga bisa belajar online tanpa takut listrik mati,” ungkap Win Ariga salah satu warga yang menikmati dampak listrik PLN, Selasa (13/7).

Camat Putri Betung Sabdin juga mengungkapkan rasa kegembiraannya dan menyampaikan terima kasih kepada PLN.

Sekarang masyarakat Desa Uning Pune dapat menikmati listrik dengan nyaman tanpa harus takut mati lagi karena kemampuan daya PLTMH milik Desa yang sangat terbatas.

Setelah masuknya listrik dari PLN pelayanan masyarakat pun jadi lebih maksimal, seperti peralatan elektronik di kantor Camat dan puskesmas dapat beroperasi secara bersamaan yang sebelum nya beroperasi satu persatu dikarenakan daya yg tidak cukup”.
   
Manager PLN ULP Blangkejeren Sertino Anggara mengatakan PLN siap untuk memberikan kehandalan dan pelayanan terbaik agar masyarakat merasa nyaman untuk beralih menjadi pelanggan PLN.

Dengan hadirnya listrik dari PLN ini, lanjut Sertino dapat membantu roda perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Kedepan prioritas kami adalah dapat melistriki beberapa desa yang masih mengunakan listrik dengan kemampuan daya yang sangat terbatas untuk menjadi pelanggan PLN, serta kami terus berupaya agar seluruh masyarakat di Kabupaten Gayo Lues dapat menikmati listrik tanpa batas,” imbuhnya. (ra)