Posko Penyekatan Lambaro Enam Pelintas di Swab Antigen

Senin malam (12/7) sekitar pukul 21.00 WIB, enam orang pelintas di jalan raya di swab antigen di posko penyekatan PPKM Mikro Level 4 di Bundaran Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar. IST/HARIANRAKYATACEH.COM

HARIANRAKYATACEH.COM – Senin malam (12/7) sekitar pukul 21.00 WIB, enam orang pelintas di jalan raya di swab antigen di posko penyekatan PPKM Mikro Level 4 di Bundaran Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar.

Kapolda Aceh, Irjen Pol Drs Wahyu Widada MPhil, melalui Karo Ops Kombes Pol Drs H Agus Sarjito yang didampingi Kabid Dokkes Kombes Pol drg. Arios Bismark DFM, Selasa (13/7) mengatakan, tes swab antigen itu dilakukan seiring dengan pemberlakuan Kota Banda Aceh masuk kategori PPKM Mikro level 4 yang diperketat, sehingga jalur masuk ke Kota Banda Aceh diperketat.

“Ada enam orang tadi malam yang di swab antigen oleh petugas di posko penyekatan Lambaro,” sebut Karo Ops, sembari mengatakan ke enam orang tersebut berdasarkan hasil tes swab antigen dinyatakan hasilnya non reaktif.

Digelarnya swab antigen adalah bagian dari implementasi Inmendagri No. 17 Tahun 2021, saat akan menuju ke Kota Banda Aceh.

“Saat ini telah digelar 3 titik posko penyekatan PPKM Mikro level 4 yang diperketat, salah satu kegiatan prokes digelar di posko tersebut, yaitu melakukan swab antigen terhadap pelintas dan dalam rangka untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di daerah Aceh.

Selain, swab antigen, petugas juga putar balik 20 kendaraan di tiga titik penyekatan, yaitu Lambaro, Leupung dan Pelabuhan Ulee Lheue.

“Petugas di tiga titik penyekatan tersebut akan memeriksa masyarakat yang ingin masuk ke Kota Banda Aceh dan harus membawa dan menunjukkan surat antigen, surat negatif PCR atau sertifikat vaksin,” sebut Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy MSi.

Winardy menjelaskan, petugas sudah berusaha secara maksimal untuk melakukan penyekatan di tiga titik tersebut dengan memeriksa 408 sepeda motor, 70 mobil penumpang, 135 mini bus dan 4 bus besar. Petugas juga melakukan pemeriksaan swab antigen secara random untuk memastikan setiap orang yang masuk ke Banda Aceh bebas dari covid-19.

“Kita akan melaksanakan apa yang sudah diatur dalam Instrukri Kemendagri No 17 Tahun 2021, di mana Banda Aceh merupakan zona yang sudah ditetapkan untuk dilakukan PPKM Mikro level 4,” sebutnya lagi. (bai)