Bupati Aceh Besar Mawardi Ali Normalisasi Krueng Daroy Cegah Banjir Rutin

Rombongan tim Bupati Aceh Besar Mawardi Ali, saat meninjau banjir di Gampong Gue Gajah, Kecamatan Darul Imarah, Senin kemarin (12/7). (tarmizi/rakyat aceh)

ACEH BESAR (RA) – Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali, ingin sungai Krueng Daroy yang melintasi Aceh Besar dan Banda Aceh dinormalisasi karena sudah banyak sendimen dan penyempitan di beberapa sesi.

Sendimentasi dan penyempitan iitulah yang dinilainya mejadikan beberapa desa di aliran sungai rutin banjiir setiap tahunnya.

“Sendimen itu harus kita bersihkan, ada beberapa sesi yang memang harus diperbaiki. Inilah yang menjadi penyebab banjir di kawasan ini,” sebut Mawardi Ali kepada media saat meninjau korban banjir di Gampong Gue Gajah Kecamatan Darul Imarah Senin kemarin (12/7).

Karena Krueng Daroy itu di bawah kewenangan Balai Sungai, kata Mawardi Ali, dalam waktu secepatnya, ia akan mengirim surat ke pihak terkait untuk meminta dilakukan normalisasi dan perbaikan di sejumlah tempat.

“Walaupun beberapa tahun yang lalu sudah pernah dilakukan normalisasi, tapi karena kawasan ini padat penduduk, mungkin karena sampah dan sebagainya, sehingga cepat sekali terjadi sendimennya. Inilah yang menyebabkan begitu curah hujan tinggi, ainya langsung meluap,” ujar Mawardi.

Kepada waga yang berdomisili di kawasan aliran Krueng Daroy tersebut, Bupati Mawardi berharap untuk selalu siaga bila terjadi curah hujan tinggi, dan juga meminta untuk bersama-sama menjaga sungai tersebut dari sampah.

“Siap siaga sangat peting ketika terjadi curah hujan tinggi, kemudian sungai ini harus kita jaga bersama, jangan buang sampah ke sungai. Mudah-mudahan, tahun depan kalau sudah dinormalisasi, insya Allah tidak akan terjadi banjir seperti ini lagi,” ungkap Mawardi.

Dalam kunjungan tersebut, Mawardi Ali yang didampingi oleh Kadinsos Bahul Jamil menyerahkan bantuan sembako dan kebutuhan hari-hari kepada korban banjir yang mengungsi di Gampong Gue Gajah tersebut.

“Ada 50 Kepala Keluarga (KK) korban banjir di desa ini, sudah kita kasih bantuan dan kita buka dapur umum,” pungkas Mawardi Ali. (tar/min)