Disdikbud Melaksanakan Kegiatan Program Hak Paten Warisan Budaya

Calang (RA) – Disdikbud (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan) Kabupaten Aceh Jaya melaksanakan kegiatan program memfasilitasi hak paten warisan tak benda dan benda merupakan warisan kebudayaan dengan jumlah peserta 50 orang dalam sembilan kecamatan di Hotel Pantai Barat Calang Aceh Jaya, Selasa (13/7).

Hal tersebut dikatakan, Kabid Kebudayaan Disdikbud Aceh Jaya, Amirrahim Kepada harianrakyataceh.com, “melaksanakan program untuk salah satunya kemajuan kebudayaan Daerah dalam menghakpaten kabudayaan baik benda maupun tak benda, para peserta yang terdiri dari tokoh agama maupun tokoh adat berjumlah 50 orang”.

Dirinya mengakui, “dalam pendataan warisan-warisan kebudayaan memang perlu kita ketahui masih banyak yang belum terdata, dalam pendataan yang baru mencapai 25 % sementara yang belum terdata hingga 75% sehingga dibutuhkan pendataan secara bertahap setiap tahunnya”. Kata Amir

Memang kendala yang dihadapi selama ini, “dengan anggaran yang terbatas tentu kita masih tertinggal dari wilayah timur dalam pendataan dikarenakan terbatasnya anggaran, sehingga dibutuhkan adanya penambahan anggaran sehingga dengan adanya pendataan dan pendalaman pengkajian baik peninggalan warisan budaya akan terdaftar hingga kemenbuddikti”.

“Memang yang telah dipugar dengan adanya bantuan Otsus sebanyak ada 9 kecamatan yang telah dipugar, namun memang masih terbatas dibutuhkan adanya sebuah bank data warisan budaya akan terdata”. tutup Amir (hen)