DPRK Bireuen Dukung Kemajuan Kampus

Jajaran Umuslim Peusangan, bersilaturahmi sekaligus beraudiensi dengan pimpinan DPRK Bireuen di kantor setempat. AKHYAR RIZKI/RAKYAT ACEH

BIREUEN (RA) – Jajaran pimpinan Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, Bireuen, terdiri dari rektor, wakil rektor, para dekan serta direktur, bersilaturahmi sekaligus beraudiensi dengan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Bireuen.
Audensi tersebut berlangsung di kantor rapat DPRK setempat beberapa hari lalu. Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar didampingi wakil ketua dan anggota Komisi V menyambut baik kedatangan pihak Umuslim.

“Sudah lama pertemuan khusus antara DPRK dan kampus kebanggaan masyarakat Bireuen itu tidak terjalin. Karenanya, diharapkan kedepan harus ada pertemuan lanjutan demi pengembangan kemajuan kampus dan daerah,” ujar Rusyidi, Kamis (15/7).

Disebutkan, beberapa hal yang dibahas dalam audiensi tersebut berupa bantuan anggaran, sarana dan prasarana yang bisa diajukan dalam bahasan rapat DPRK, seperti bantuan beasiswa, program penelitian dan pengabdian masyarakat.

Selain itu, perkembangan kampus juga menjadi pembahasan utama dalam audiensi itu. “Pada prinsipnya, pimpinan dan anggota DPRK Bireuen berkomitmen penuh, siap membantu Umuslim, baik berupa fisik maupun bantuan beasiswa dan program pengabdian masyarakat lainnya,” sebut pria yang akrab disapa Ceulangiek itu.

Sebelumnya, Rektor Umuslim, Dr Marwan MPd mengharapkan dukungan pemerintah daerah, baik eksekutif maupun legislatif dalam memajukan kampus. Menurutnya, lembaga pendidikan tidak akan maju jika hanya berjalan sendiri tanpa dukungan dari berbagai pihak.

Ada beberapa hal yang sempat pihaknya ajukan kepada DPRK, untuk mendapatkan perhatian dan bantuan dari DPRK, demi kelancaran proses belajar mengajar dan kelangsungan kampus ke depan.

“Pihak kampus perlu satu jembatan penyeberang yang menghubungkan lokasi rusunawa dengan kampus tempat belajar. Kemudian, mengingat Umuslim berada dalam lingkungan perkampungan masyarakat, demi keamanan dan kenyamanan, diperlukan beberapa lampu jalan dibeberapa titik pada jalan seputaran kampus dan rusunawa,” harapnya.

Marwan menyebutkan, beasiswa tingkat akhir yang diperuntukkan bagi mahasiswa dalam wilayah kabupaten Bireuen, juga sangat diperlukan. Sementara Ketua komisi V DPRK Bireuen, Zulfahmi sangat mendukung dan akan memprioritaskan semua pembahasan dalam audiensi antara kedua pihak.

“Semua akan kita prioritaskan. Terkait beasiswa kepada mahasiswa Bireuen, untuk tahap pertama, akan mengupayakan memberikan beasiswa kepada 5 orang mahasiswa magister (S2) prodi PSL Umuslim,” pungkas Zulfahmi. (akh/icm)