LSM Format Desak Mapoli Raya Bayar Gaji Karyawan

Harianrakyataceh.com – Lembaga Swadaya Masyarakat Forum Masyarakat Aceh Barat (LSM-Format) soroti nasib seratusan gaji karyawan PT. Mapoli Raya yang menunggak sejak empat bulan terakhir. Kondisi krisis demikian telah berlangsung sejak dua tahun terakhir.

“Jikapun ada pembayaran gaji, hanya pembayaran setengah – setengah. Jadi gaji satu bulan diansur dua kali pembayaran,” beber Ketua Format Rasyidin, Meulaboh Kamis (15/7).

Kondisi perusahaan sawit PT. Mapoli Raya demikian, mulai terasa sejak dua tahun terakhir. Sebagai contoh tahun 2021, baru ada pelunasan gaji bulan Januari dan Februari, sedang bulan selanjutnya masih belum ada titik terang kapan pelunasan gaji selanjutnya.

“Kemarin ini, ada sekitar puluhan karyawan PT Mopoli yang mengadu kepada Format, meminta agar dapat dimediasikan masalah tunggakan gaji ini. Mereka panik tidak ada uang, apalagi ini sudah menjelang lebaran Idul Adha,” detail Rasyidin.

Merespon hal tersebut, Format berusaha langsung menghubungi pihak perusahaan kebun kelapa sawit ini, agar dapat mempertanyakan kapan realisasi pembayaran gaji karyawan, manajemen Mapoli Raya yang diwakili KTU menjawab akan segera melunasi gaji karyawan yang menunggak.

“Yang sempat saya jumpai KTU PT. Mapoli, Pak Herman, jawabnya akan segera diselesaikan,” sebut Rasyidin.

Meskipun gaji karyawan telah menunggak selama empat bulan, namun pekerjaan tetap dipaksakan berkerja semaksimal mungkin.

“Jika pekerja tidak mau mematuhi perusahaan, diancam akan di mutasikan ke kebun sawit Mapoli Raya di daerah Aceh Timur,” rinci Rasyidin.

Kondisi pemindahan karyawan ke daerah Aceh Timur, telah dirasakan oleh puluhan pekerja asal ring satu gampong setempat, seperti Gampong Barou Paya, Gampong Aleu Kuyun, Gampong Blang Dalam, Gampong Buket Meungajah, dan Gampong Sibintang.(den)