RSUD TU, Mampu Memproduksi Oksigen O2 Cair

HARIANRKYATACEH.COM – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Teuku Umar Kabupaten Aceh Jaya tercatat sudah memiliki mesin generator oksigen yang mampu memproduksi gas oksigen secara mandiri sejak akhir tahun 2017 lalu.

“kebutuhan oksigen dirumah sakit masih mencukupi, karena kita memiliki mesin generator oksigen yang mampu memproduksi gas oksigen sendiri,” kata Direktur RSUD Teuku Umar, dr. Eka Rahmayuli, Kepada Awak Media Jum’at (16/7).

Dirinya menambahkan, baik untuk kebutuhan pasien Corona Virus Disearse 2019 (Covid-19) maupun pasien umum lainnya hingga hari ini belum ada kendala terkait kebutuhan oksigen di RSUD Teuku Umar.

Selain itu, Mesin Generator juga mampu memproduksi oksigen O2 Cair (M3) di RSUD Teuku Umar sebanyak 2.160 liter kubik per bulan. Sementara total pemakaian oksigen O2 Cair (M3) sebanyak 120.000 psi per bulan.

Sementara itu, RSUD Teuku Umar juga memiliki stok tabung oksigen 02 untuk antisipasi jika sewaktu-waktu jumlah pasien overlud atau melebihi kapasitas sebanyak 123 tabung.

“Untuk stok tabung oksigen kita juga masih mencukupi yaitu sebanyak 123 tabung dengan rincian 102 tabung besar dan tabung kecil sebanyak 21,” terangnya.

“Untuk oksigen tabung hanya kita gunakan diruang-ruang tertentu saat emergensi, karena kalau diruangan inap kita sudah pakai Oxigen central,” pungkas dr. Eka. (Rill/Hen)