Pemko Langsa Serahkan 115 Hewan Kurban ke Gampong-Gampong

Walikota Usman Abdullah,SE bersama Wakil Walikota Marzuki Hamid menyerahkan hewan kurban yang diterima salah seorang geuchik gampong. Rakyat Aceh/Ray Iskandar.

HARIANRAKYATACEH.COM – Pemerintah Kota Langsa  menyerahkan 115 hewan qurban ke gampong-gampong dalam wilayah kota langsa, Minggu sore, (18/7).

“Hewan kurban yang diserahkan terdiri dari,  97 ekor sapi dan 18 ekor kambing”  Demikian ungkapz Wakil Wali Kota Langsa , Dr. H. Marzuki Hamid, MM disela-sela acara tersebut.

Menurutnya, kami patut memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh pimpinan OPD dan ASN di Lingkungan Pemerintah Kota Langsa yang telah ikut berqurban.

Dan ini tahun ke 8 program ini berjalan secara rutin setiap hari raya idul adha, kita melaksanakan kegiatan yang sangat baik bagi masyarakat kota langsa.

Selanjutnya, kegiatan ini didasari oleh keprihatinan kami dimana pada kegiatan qurban delapan tahun yang lalu, ada terdapat Gampong -Gampong yang qurban nya sangat sedikit, bahkan tidak ada sama sekali, namun sebaliknya di Gampong lainnya  terdapat jumlah qurban yang cukup banyak.

Dan oleh karena itu, pada saat itu kami beserta Bapak Wali Kota Langsa segera mengambil inisiatif untuk mengumpulkan seluruh kepala OPD di lingkungan Pemko Langsa untuk menyampaikan keprihatinan kami untuk bersama – sama mencari solusi sehingga ada pemerataan pembagian daging kurban bagi Warga di gampong – gampong dalam wilayah Kota Langsa.

Sehingga tidak terasa kegiatan tersebut sudah kita laksanakan secara rutin selama delapan tahun. Ujar Marzuki.

Ditambahkanya, mengapresiasi para pimpinan OPD dan ASN dalam Wilayah Kota Langsa , meskipun dalam suasana pandemi Covid – 19 tidak mengurangi semangat dalam berqurban. Hal itu ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah Sapi qurban tahun ini yang berjumlah 97 ekor, sementara tahun lalu sebanyak 95 ekor.

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Panitia pelaksanaan kegiatan penyerahan hewan qurban di Lingkungan Pemerintah Kota Langsa yaitu Kepada Kepala Dinas Syariat Islam dan Dayah Kota Langsa beserta seluruh jajarannya yang telah bekerja secara maksimal sehingga kegiatan ini berjalan tertib dan lancar, semoga mendapat Pahala yang setimpal dari Allah S.W.T. imbuh Marzuki.

Sementara itu, Kepala Dinas Syariat Islam dan Dayah  Kota Langsa, H. Aji Asmanuddin, S.Ag, M.A menyampaikan bahwa Pelaksanaan Kegiatan Penyerahan hewan kurban Pemerintah Kota Langsa Tahun 1442 H / 2021 M dimaksudkan untuk menumbuh kembangkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan Al-qur’an. Sedangkan tujuan dari Pelaksanaan Kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan ketaqwaan kepada ALLAH SWT.

Kami memberikan apresiasi yang setinggi- tinggi nya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi  dalam kegiatan ini.

Khususnya kepada Dinas Pendidikan dengan jumlah hewan qurban sebanyak 13 ekor lembu, Sekretariat daerah Kota Langsa dengan 8 ekor lembu, Dinas Kesehatan 6 ekor lembu dan BAPPEDA 4 Ekor Lembu.

Adapun jumlah hewan yang akan di salurkan ke Gampong – Gampong dalam Wilayah Kota Langsa sebanyak 97 ekor sapi/lembu dan 18 ekor Kambing. Ungkap Aji.

Hadir pada acara tersebut, Walikota Langsa, Wakil Walikota Langsa, Sekda Kota Langsa,Unsur Forkopimda Plus Kota Langsa,
Para pimpinam  OPD/Badan dan UPTD dalam Wilayah Kota Langsa , Para Camat dan Para perangkat Gampong dalam Wilayah Kota Langsa serta tamu undangan lainnya.(ris)