Lomba Binter TNI di Kawasan Pulau Terdepan NKRI‎

Kolonel Inf Riswanto‎, Ketua tim penilai lomba Binter TNI, saat melihat langsung dan menilai kebun sayur mayur, binaan Kodim 0115 Simeulue. Kamis (22/7). Ahmadi - harianrakyataceh.com ‎

‎‎HARIANRAKYATACEH.COM  –  Selama tiga hari berturut-turut, sejak Kamis, Jumat, Sabtu (22,23,24/7), wilayah kepulauan Simeulue yang merupakan kawasan pulau terdepan NKRI, kembali dipercayakan dan terpilih menjadi peserta lomba Pembinaan Teritorial (Binter) TNI‎

‎Sahnya wilayah kepulauan Simeulue terpilih menjadi peserta lomba Binter TNI program Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad), dengan tema “Melalui Lomba Binter tingkat Kodim, Kita Mantapkan Sinegiritas TNI-AD bersama Pemerintah daerah, Instansi terkait dan komponen bangsa lainnya dalam rangka mengatasi kesulitan rakyat guna menyiapkan ruang, alat kondisi juang yang tangguh”.

Tim penilai lomba Binter TNI dikawasan pulau terdepan NKRI itu, diketuai Kolonel Inf Riswanto yang mendarat di bandara udara Lasikin Lasikin, Kabupaten Simeulue Kamis (22/7). “Wilayah pulau Simeulue yang merupakan masih kawasan terdepan NKRI, dipercayakan sebagai peserta lomba bergengsi Binter TNI dan hari ini tim penilai telah tiba”, kata Dandim 0115 Simeulue Letkol Inf Yogi Bahtiar, kepada harianrakyataceh.com, Kamis (22/7).

‎Tim penilai lomba Binter, mendatangi item yang di nilai dalam lomba yakni, jenis Pangkalan, berupa‎ lapangan tembak Kodim 0115 Simeulue. ‎Rumah kompos persit KCK cabang XXXIII Dim 0115 Simeulue Koorcab Rem 012/TU yang sebelumnya  telah pendapat predikat ‎sebagi pembuat Kompos terbaik di jajaran Kodam IM.

Kemudian, penilaian Piranti lunak (bujuk per staf), ‎Paparan satuan, ‎Program unggulan, yang terdiri dari ‎kebun sayur mayur di desa Ujung Tinggi yang bisa menyuplai kebutuhan sayur mayur di enam  kecamatan yang ada di wilayah kepulauan Simeulue. ‎Penilaian keramba budidaya dan penangkaran lobster serta ikan  kelompok nelayan didesa Suka Maju.‎

Selanjutnya tim kembali menilai‎ kegiatan membantu masyarakat dalam pengembangan bidang perkebunan yakni  pembibitan, pengembangan dan penanaman bibit pinang batara, yang saat ini buah pinang menjadi andalan sumberdaya alam yang dapat meningkatkan sektor pendapatan perekonomian masyarakat di pulau terdepan NKRI.‎

‎Tim Penilai Binter juga mendatangi Desa Amaria Bahagia sebagai desa unggulan dalam administrasi dan UMKM, yang merupakan salah satu desa yang telah memiliki segudang prestasi ditingkat Provinsi Aceh, serta penilaian pembuatan pupuk organik binaan Babinsa di desa Nacala Kecamatan Teupah Barat.

‎Komandan Pusat Teritorial TNI-AD Letnan Jenderal TNI Teguh Arief I, S.E.,M.M. dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kolonel Inf. Riswanto selaku Ketua tim penilai lomba Binter Kasubdit bin siskam impo Kolonel Inf. Riswanto menyampaikan, secara pribadi dan selaku DANPUSTERAD Mabes TNI AD.

“saya mengucapkan selamat kepada Kodim-Kodim yang mendapat kehormatan mengikuti lomba Binter Tingkat pusat TA 2021 dengan harapan kegiatan ini dapat berjalan tertib lancar dan aman,” kata Komandan Pusat Teritorial TNI-AD Letnan Jenderal TNI Teguh Arief I, S.E.,M.M dalam amanat resminya.

Penilaian Lomba dapat digunakan untuk mengevaluasi sejauh mana pelaksanaan program kerja TNI Angkatan Darat bidang Binter sebagai sarana kompetisi antar Satkowil Tingkat Kodim khususnya dalam penyelenggaraan Pembinaan Teritorial baik program maupun non program serta Pembinaan Satuan, sehingga diperoleh Kodim terbaik yang dapat dijadikan contoh bagi Kodim-Kodim lainnya.

Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad)  selaku penyelenggara Lomba Binter tingkat pusat sangat mendukung lomba Binter yang diprogramkan oleh KASAD sekaligus sebagai bahan evaluasi Pimpinan TNI Angkatan Darat dalam menentukan kebijakan selanjutnya.

“Binter memiliki manfaat yang sangat besar karna Binter merupakan fungsi utama TNI angkatan darat dalam melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, selain itu juga bertujuan untuk mewujudkan ruang, alat kondisi juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan Negara di darat serta mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat”, tutup Letjen TNI Teguh Arief.

Wilayah kepulauan Simeulue mendapat kehormatan menjadi salah satu peserta dalam lomba Binter TNI, mendapat dukungan dan apresiasi dari Pemerintah setempat, sehingga dengan kegiatan level nasional itu dapat telah mengangkat dan mengharumkan nama daerah ditingkat nasional, serta memberikan pengaruh besar untuk kemajuan dan kemakmuran rakyat yang mendiami kawasan pulau terdepan NKRI.

“Kita sangat berterima kasih kepada TNI, yang telah memberikan perhatian luar biasa, sehingga wilayah pulau Simeulue yang merupakan kawasan terdepan NKRI, dipercayakan sebagai peserta lomba bergengsi ini. Terima kasih Bapak Kasad dan dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kemakmuran dan kemajuan daerah kami”, kata Ahmadlyah SH, Sekda Simeulue, kepada harianrakyataceh.com, Kamis (22/7). (ahi).

‎‎