Melalui Giat Bersih-bersih, Kepala BNN Aceh Ingatkan Masyarakat Tentang Budaya Malu Bagi yang tak Peduli Kebersihan

Banda Aceh (RA) – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh merespon setiap lingkungan yang tak sehat atau kotor akibat perilaku masyarakat yang membuang sampah bukan pada tempatnya.

Hal tersebut disampaikan Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Pol. Drs. Heru Pranoto, M.Si disela-sela melaksanakan giat bersih-bersih di kawasan pinggir sungai perbatasan antara Lhong Raya, Kota Banda Aceh dengan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Jum’at (23/7).

Brigjen Pol Heru Pranoto menjelaskan, Kegiatan bersih-bersih yang dilakukan BNN Aceh untuk memberikan contoh kepada masyarakat dengan tujuan untuk membangun kepedulian dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Karena memang ini bukan tugasnya BNN, tapi inilah cara kita mengedukasi masyarakat. Artinya kita memberi pesan, tolonglah buang sampah pada tempatnya, ” ujarnya.

Selanjutnya Brigjen Pol Heru menegaskan, BNN siap membantu bersama perangkat Gampong untuk mengevaluasi terutama bagi oknum masyarakat yang masih saja membuang sampah dikawasan tersebut. Menurutnya sampah juga tempat berkumpulnya berbagai macam penyakit. Maka dari itu nilai kepedulian terhadap kebersihan harus ditanam sejak dini kepada masyarakat. Apalagi saat ini Indonesia khususnya Aceh sedang berjuang untuk melawan virus Covid-19.

“Intinya kita ingin menanam kepedulian tentang kebersihan. Karena lingkungan yang bersih dan asri akan memberikan dampak positif dan kejernihan pikiran, rasa nyaman dan hati yang senang bagi siapa saja yang merasakan. Saya menghimbau Jangan buang sampah sembarangan karena dapat merugikan orang lain. Kita harus menanamkan budaya malu, ” jelasnya.

Kemudian Kepala BNN Aceh ini menambahkan, bahwa kepedulian sangat penting ditanamkan, begitu juga dalam mencegah peredaran narkotika. Menurutnya jika masyarakat tidak saling peduli terhadap peredaran narkoba atau tidak berani melapor, maka tingkat penyalahgunaannya juga akan meningkat. Tutup Jenderal Bintang Satu tersebut.

Dalam bersih-bersih tersebut turut dihadiri langsung Camat Darul Imarah dan dibantu oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kab. Aceh Besar, Kapolsek dan Danramil 11/Darul Imarah, serta Kepala BNN Kota Banda Aceh.

Sementara itu, Camat Darul Imarah, Syarifudin Menjelaskan bahwa kawasan Darul Imarah tepatnya di dekat jembatan Perbatasan Lhong Raya, tersebut, bukanlah tempat membuang sampah. Menurutnya dulu tempat itu t memang ada disediakan kontainer tempat sampah, namun sudah dipindahkan, sebab masyarakat membuang sampah di luar daripada kontainer tersebut.

“Kemudian ramai juga masyarakat dari luar yang buang sampah kesini, bukan masyarakat Aceh Besar saja. Makanya ini kami kewalahan, mereka membuang sampah di luar kontainer. Makanya kita antisipasi ini, kita tutup untuk seterusnya, ” kata Syarifudin.

Amatan media ini ada sekitar empat truk yang dikerahkan untuk mengangkut sampah di kawasan tersebut dan terlihat juga dipasang garis pembatas larangan buang sampah. (Mar).