Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 23 Jul 2021 15:13 WIB ·

Muslim Eropa-Turki Sumbang 90 Hewan Kurban untuk Aceh, Cek Midi : Bukti Nyata Kepedulian Sesama Muslim di Dunia, Khususnya Aceh


 Komunitas Muslim di Eropa salurkan hewan kurban bagi anak yatim dan fakir miskin di sejumlah kabupaten kota se-Aceh. FOTO IST Perbesar

Komunitas Muslim di Eropa salurkan hewan kurban bagi anak yatim dan fakir miskin di sejumlah kabupaten kota se-Aceh. FOTO IST

HARIANRAKYATACEH.COM – Yayasan Kafalah Indonesia menyerahkan bantuan hewan qurban pada hari raya Idul Adha 1442 H. Bantuan tersebut merupakan sumbangan dari komunitas Muslim di Eropa yang diperuntukkan bagi masyarakat anak yatim dan fakir miskin di sejumlah kabupaten kota se-Aceh.

Bantuan yang diserahkan berupa 90 ekor sapi yang akan dikurbankan yang rinciannya, 35 ekor sapi untuk kabupaten Aceh Besar, 15 ekor sapi untuk kabupaten Bireun, 15 Ekor sapi untuk kabupaten Aceh Tengah, 3 ekor sapi untuk perbatasan Aceh Tenggara dan 2 ekor sapi untuk Pulo Aceh.

Direktur Yayasan Kafalah Indonesia, Teungku Muqni Affan mengatakan, hewan qurban tersebut merupakan donasi dari donatur Hasene yakni sebuah komunitas Muslim Turki di Jerman yang disalurkan melalui Yayasan Kafalah Indonesia. Penyembelihan kurban dilaksanakan di hari pertama dan kedua hari raya Idul Adha 1442.

“Program kurban merupakan agenda tahunan yang rutin dilakukan semenjak terbentuknya Kafalah Indonesia. Hewan kurban yang disalurkan juga produk lokal yang tujuannya untuk pemberdayaan masyarakat,” kata Muqni, Jumat, (23/7/2021), di Banda Aceh.

Sementara itu, Budayawan dan Sejarawan Aceh, Tarmizi A Hamid mengapresiasi yayasan Kafalah Indonesia yang telah menyalurkan bantuan daging kurban dari masyarakat muslim Turki kepada masyarakat fakir miskin di Aceh.

Hal tersebut kata Cek Midi sapaan Tarmizi A Hamid, membuktikan bahwasanya muslim Turki serta masyarakat muslim internasional lainnya sangat peduli terhadap Aceh dari masa dulu sampai sekarang. Sumbangan kurban untuk fakir miskin dari masyarakat muslim turki lanjut Cek Midi, adalah bukti nyata kepedulian sesama muslim khususnya di Aceh.

“Terima kasih yayasan Kafalah Indonesia dibawah komando Ustadz Muqni Affan dengan tidak henti-gentinya melakukan lobi Internasional dalam memberikan kemudahan bagi para yatim, fakir miskin di Aceh, semoga Allah membalas yang setimpal kepada Kafalah Indonesia dalam membantu sesama muslim,” ujar Cek Midi.

Cek Midi menuturkan, sejarah Aceh mencatat hubungan negara-negara Eropa khususnya Turki memiliki hubungan diplomatik dan kerja sama sosial budaya dengan Aceh yang erat. Masyarakat Muslim turki terus melanjutkan estafet dari pendahulunya.

Kemudian Cek Midi juga mengatakan, kedigdayaan sikap kepedulian sosial dari masyarakat Muslim Turki untuk Aceh dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Apalagi di saat Aceh sedang kesulitan ekonomi sekarang ini.

“Semoga kegiatan ini terus berlangsung untuk kemaslahatan umat muslim dimanapun berada,” tuturnya. (ra)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Pesan Meurah Budiman Saat Lantik Pejabat Struktural UPT Pemasyarakatan

18 March 2024 - 18:21 WIB

Antisipasi Gagal Kuliah Pemerintah Berikan Pinjaman Lunak Pendidikan

18 March 2024 - 18:19 WIB

Sepuluh Rumah dan Dua Unit Sepmor Terbakar

17 March 2024 - 20:09 WIB

Dirlantas Polda Aceh Ucapkan Terima Kasih di Hari Terakhir Operasi Keselamatan Seulawah 2024

17 March 2024 - 18:43 WIB

Diduga Aniaya Warga Aceh Jaya, Oknum TNI Ditangkap

17 March 2024 - 16:31 WIB

Selepas Repnas, Mendagri Angkat Bicara Juga Terkait Pergantian Pj Gubernur Aceh

16 March 2024 - 14:28 WIB

Trending di METROPOLIS