SIT Muhammadiyah Bireuen Gelar Mossamu yang Dikemas dengan Nuansa Adat

SIT Muhammadiyah Bireuen menggelar Mossamu, Senin (26/7). AKHYAR RIZKI/RAKYAT ACEH

BIREUEN (RA) – Menyambut tahun ajaran baru, SMP IT, SMA IT Entrepreneur dan Dayah IT Muhammadiyah Bireuen menggelar kegiatan masa orientasi siswa dan santri Muhammadiyah (Mossamu) di dayah setempat, Senin (26/7).

Kegiatan dengan tema “Gold Generation Leader In The Future” ini, dilaksanakan selama tiga hari sejak 26-28 Juli dan diikuti 90 siswa.

Ketua panitia, Rikha Purnama Sari SPd mengatakan, kegiatan berjalan lancar. Para siswa juga sangat antusias dalam mengikuti orientasi.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar. Terimakasi untuk seluruh tim yang terlibat, baik ustad, ustazah serta para siswa,” ujarnya.

Ia mengaku, kegiatan ini kental dengan balutan adat budaya Aceh, hal ini dilakukan untuk memperkenalkan budaya daerah pada siswa SMP IT Muhammadiyah Bireuen (MuhBir).
“Acara dikemas dengan adat budaya Aceh, mulai dari pagar ayu yang memakai baju adat Aceh, permainan rapai yang dimainkan oleh siswa, hingga makanan asli dari Aceh.

Ini dilakukan mengingat siswa baru berasal dari berbagai daerah, ada yang berasal dari Aceh Tengah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, bahkan dari Aceh Singkil,” kata Ketua Panitia.

Direktur SIT Muhammadiyah Bireuen, Rizki Dasilva SPd I MA dalam sambutannya menyebutkan, dengan adanya Mossamu, siswa dapat belajar lebih dalam mengenai peraturan sekolah, sistem belajar, dan mengenal lebih jauh para ustad dan ustazah.
“Banyak hal yang akan kita lalui sebagai santri, jauh dari orang tua, dunia sibuk dengan aktifitas belajar dan menghafal, tidur hanya sebentar, sampai kamar mandi harus rebutan. Namun percayalah, semua pengorbanan akan ada hasil nantinya,” sebut Rizki. (akh/icm)