Grebek Penyulang, Upaya Meningkatkan Kehandalan Jaringan di PLN Sinabang

Grebek Penyulang, Upaya Meningkatkan Kehandalan Jaringan di PLN Sinabang

HARIANRAKYATACEH.COM –  PT PLN (Persero) ULP Sinabang terus berupaya meningkatkan kehandalan sistem kelistrikan di Kabupaten Simeulue. Salah satunya dengan melakukan program grebek penyulang bersih mulai dari Kecamatan Teluk Dalam hingga Kecamatan Simeulue Barat.

Kegiatan ini diketuai oleh SPV Teknik ULP Sinabang atas kesepakatan dan perintah langsung oleh Manager ULP dengan bekerja sama sebagian personil dari mitra Pelayanan Teknik (Yantek) (PT. BLITZ) dan tim rintis (PT. Andoria)

Dalam briefing persiapan kegiatan, Manager ULP Sinabang Ilyas Selasa (27/07/2021) mangatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk dapat meminimalisir gangguan terhadap jaringan listrik yang disebabkan oleh pepohonan yang berjarak dekat dengan kabel jaringan listrik sehingga mutu kehandalan jaringan listrik tetap terjaga dan listrik dapat tersalurkan secara baik dan aman ke rumah-rumah warga.

Persiapan kegiatan ini dilakukan secara bertahap yaitu seminggu sebelum kegiatan ini dilaksanakan diawali dengan sosialisasi ke masyarakat yang bertujuan agar warga tidak kaget dan mengizinkan pohon-pohon warga, baik pohon liar ataupun pohon-pohon produktif seperti: mahoni, sawit, dll yang berjarak dekat dengan kabel jaringan listrik dapat direlakan untuk ditebang atau dibersihkan supaya masyarakat ada persiapan saat petugas PLN melakukan pekerjaan.

“Kami menyambut baik kegiatan ini. Kami menyadari akan bahaya yang nantinya bisa terjadi jika dahan-dahan pohon itu mengenai kabel listrik ataupun pohon tersebut tumbang oleh angin. Pastinya akan berbahaya bagi saya dan keluarga dan merugikan warga desa juga.”, ucap Rudi, salah seorang warga yang rela 12 batang pohon mahoni di kebunnya ditebang. Total pohon mahoni yang ditebang adalah 26 batang dan beberapa pohon liar lainnya. (ra)