Lomba Cipta Menu Makanan di Simeulue, Biji Buah Durian Diolah Jadi Kripik

HARIANRAKYATACEH.COM – Sejumlah Tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarg. (PKK) dari 10 Kecamatan dalam  turut ambil bagian dalam lomba cipta menu ‎makanan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Kabupaten Simeulue, Selasa (27/7).

Dalam lomba cipta menu makan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman yang disajikan peserta dari  10 tim PKK tersebut, yang bersumber dari hasil sumber daya alam kepuluan, buah-buahan, ubi, Sagu serta biji-bijian lainnya, yang kemudian dolah menjadi menu makanan modren yang layak dikonsumsi dan layak dijual.

Dalam lomba cipta menu makanan serba modern tersebut, selain layak konsumsi dan memiliki nilai ekonomis, juga setiap menu makanan yang diciptakan  dengan persyaratan harus sesuai dengan tingkatan usia konsumen untuk layak dionsumsi serta ketentuan waktu daya tahan makanan untuk disimpan.

Sejumlah produk menu makanan yang ditampilkan peserta, memiliki rahasia produk masing-masing, salah satunya produk menu makanan cemilan yang berasal dari biji buah durian, kemudian diolah menjadi keripik, memiliki kalori dan vitamin untuk saupan kesehatan serta dinilai mampu bersaing bila dipasarkan.

“banyak jenis menu makanan yang diciptakan masing-masing tim peserta lomba cipta menu makanan ini, salah satunya termasuk Kripik yang berasal dari biji buah durian. Lomba menu makanan ala modren ini, artinya layak dikonsumsi yang disesuaikan dengan usia konsumen dan waktu saat disimpan”, kata Hj Suryani Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Simeulue, kepada harianrakyataceh.com, Selasa (27/7).

Masih menurut Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Simeulue, menu makanan yang ciptakan dengan ketentuan berdasarkan usia konsumen serta tidak tercemar, yang ramah untuk kesehatan konsumen, juga limbah hasil dari produk cipta menu makanan itu harus ramah lingkungan, tidak berbahaya.

“Nantinya setiap menu makanan dapat menarik minat dan menimbulkan nafsu makan bagi konsumen berbagai kalangan usia, saat disajikan dalam keluarga maupun saat dipasarkan untuk menambah penghasilan ekonomi keluarga. Serta bagi pemenang akan dipersiapkan menjadi utusan lomba menu makanan tingkat Provinsi”, imbu Ketua Penggerak PKK Kabupaten Simeulue. (ahi).