Dinas PUPR Bireuen Perbaiki Drainase yang Rusak Parah di Keude Matang Peusangan

Pihak Dinas PUPR Kabupaten Bireuen sedang perbaikan drainase rusak di Keude Matang Geulumpang Dua, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, Sabtu (30/7) malam. AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH

HARIANRAKYATACEH.COM – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bireuen terus berupaya merespon dengan cepat kerusakan infrastruktur yang ada.

Pihaknya melakukan perbaikan drainase rusak di Keude Matang Geulumpang Dua, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, Sabtu (30/7) malam.

Ada tiga lokasi drainase rusak yang diperbaiki, mulai dari samping jalan Medan-Banda Aceh depan MAN 3 Bireuen, hingga lokasi didepan Masjid Raya Peusangan.

Kepala Dinas PUPR Bireuen, Fadhli Amir ST saat dihubungi media ini, Minggu (1/8) mengaku, saluran drainase di Kota Matang tersebut sudah diperbaiki. Hal ini dilakukan menindaklanjuti tinjauan Ketua DPRK Bireuen beberapa hari lalu dan mendengar keluhan masyarakat setempat.

“Kami selalu cepat merespon keluhan warga. Salah satu bentuk respon cepat itu terkait masalah drainase,” ujar Fadhli.

Disebutkan, permasalahan drainase itu dikeluhkan warga terjadi di keude Matang, Kecamatan Peusangan, dengan kondisi dinding drainase rusak dan roboh. Demi tidak terjadinya hal yang tidak diinginkan, pihak dinas bergegas cepat untuk memperbaikinya.

“Setelah melihat kondisi dilapangan. Kami memindahkan reruntuhan dinding drainase yang menutupi aliran air dan kemudian memperbaiki yang rusak,” katanya.

Fadhli berharap kepada pengendara mobil truk besar khususnya di Peusangan, agar tidak memarkirkan mobil diatas saluran. Jika ini dibiasakan, drainase akan kembali ambruk dan rusak.

Sebelumnya, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Bireuen, Rusyidi Mukhtar S Sos menyambangi lokasi dan meninjau saluran drainase yang rusak parah di Kota Matang tersebut dan meminta Dinas PUPR Bireuen untuk membenahi dan memperbaiki drainase yang rusak.

Atas dasar ini, pihak dinas bergegas cepat dan memperbaiki saluran demi tidak terjadinya kecelakaan akibat kerusakan tersebut. (akh)